Thursday, April 1, 2010

Ganti Samsung Valencia (GT-C6625) ke Blackberry

Beberapa hari yang lalu, saya kepikiran untuk mengganti hp samsung valencia (GT-C6625) ke Blackberry (sebetulnya sudah 2 hari belakangan ini saya sibuk cari blackberry melihat dan mereview kelemahannya). Saya juga sempat menggunakan blackberry (beberapa bulan yg lalu). Sebenarnya sih ini bukan kebutuhan yang mendesak meskipun mutlak saya perlukan apabila pergi jauh dari komputer.

Saya harus sering mengecek email karena ada beberapa rekanan atau client yang mungkin butuh sesuatu dan biasanya mereka kontak lewat email..

Hp saya yang sekarang (samsung valencia) sebenarnya sudah cukup mumpuni untuk urusan ini (koneksi internet) karena sudah mendukung koneksi HSDPA (3.5G). Dari dulu saya terbiasa menggunakan windows mobile (dari windows mobile 2001 - WM 2005) dan sekarang pakai WM 6.1. HP dan smartphone pilihan saya dari dulu hanya dari ketiga merk ini Samsung, O2 dan Sony Erricson.

Kalau untuk urusan email dan browsing bisa dikatakan tidak ada masalah yang berarti, untuk browsing bisa pakai browser Internet explorer bawaannya atau download opera mini 10. Untuk email bisa mengandalkan outlook express (bawaan) atau seven (aplikasi push mail).

Yang saya sukai dari samsung valencia ini ada beberapa yaitu :

  • Sharing koneksi yg sangat mudah dengan activesync. Saya bisa dengan leluasa menggunakan internet di komputer saya untuk mencoba-coba situs wap di valencia.

  • Begitu pula sebaliknya, saya bisa menggunakan samsung valencia ini sebagai modem untuk mengkoneksikan komputer saya ke internet. Dengan kemampuan HSDPA 3.5G bisa dikatakan browsingnya lumayan cepat.

  • Backup kontak ke outlook express.

  • Suara headsetnya sangat memuaskan apalagi bila dikombinasikan dengan coreplayer.

  • Aplikasi yang banyak dan relatif gampang dicari.

  • Keypadnya lumayan lembut dan gampang untuk mengetik atau sms.

  • Friendly user interface terutama bagi yang biasa menggunakan windows. Kita bisa dengan mudah mencari control panel dan add remove program, mengatur start menu, dll

  • Sudah tertanam microsoft office.

  • Menggunakan aGPS (assisted gps) jadi ga perlu tersesat. Apa beda gps dan agps silahkan cari di google.

  • FM radio.


Kelemahan :

  • Agak lemot dibandingkan blackberry meskipun ngga lemot-lemot amat.

  • Battere agak boros.

  • Speakerphone agak kecil jadi suaranya ngga terlalu keras.


Kenapa saya tertarik dengan Blackberry?

  • Blackberry membuat saya tertarik karena ada layanan BIS. Layanan ini akan terkoneksi ke server Blackberry dan kemampuan server blackberry dalam kompresi data patut saya acungi jempol.

  • Security yang bagus.

  • Untuk yg lain fiturnya masih standar menurut saya.

  • Akses gprs lumayan cepat ya karena kompresi data itu tadi.


Saat ini pemilihan gadget untuk games masih menjadi pilihan nomor 2 bagi saya. Kemampuan pertama dalam gadget yg saya cari adalah kemampuan dan kemudahannya dalam koneksi ke internet.

Sepertinya saya masih harus berpikir lagi untuk mengganti si samsung ke blackberry karena beberapa fasilitas tertentu ngga akan bisa saya nikmati terutama kemampuannya sebagai modem.

Memang blackberry bisa digunakan sebagai modem tetapi akan ada charge tambahan lagi yaitu pulsa gprs jadi bayarnya dobel yaitu pulsa BIS dan pulsa GPRS.

Untuk harga, menurut saya relatif (bisa mahal bisa tidak). Ngga mengherankan dengan fitur BISnya Blackberry ini dengan cepat disukai banyak orang. Entah itu untuk keperluan bisnis atau sekedar untuk bersenang-senang seperti chatting, facebook dan twitteran.

Update :

Akhirnya saya membeli blackberry javeline (curve 8900) karena ada orang yg kebetulan BU dan saya mendapatkan bb fullset dengan harga beberapa ratus ribu lebih murah. Kemudian kejadian yg sama terulang kembali hingga akhirnya menggunakan BB bold 9000.

Sesuai dengan tips membeli blackberry yg saya posting disini

Bahkan Samsung Valencia ini saya beli setelah hanya dipakai 2 bulan oleh yg punya jadi garansinya masih sisa 10 bulan.

12 comments:

  1. waaaaaaaaaaaaaa pertimbangan saya sedang mendapat ulasan lengkap di sini, walau sebelumnya saya bukan samsung. Pas banget. Terima kasih sekali kawan :)

    ReplyDelete
  2. saya mau pilih yang gemini aja yang lebih bersahabat harganya ... kira-kira akses kecepatannya sama nggak ya dengan yang lainnya kayak Bold itu ?

    ReplyDelete
  3. @Kang Yayat : Kalau bold saya pernah pakai kang (bold 9000). Kebetulan akses internet dlm gadget ini hanya saya butuhkan saat jauh dr komputer dan paling seringnya saat pulang ke rumah ortu (ortu saya tinggal di pedesaan) jd ngga ada akses 3G sama sekali yg ada EGDE.

    Untuk speed, rata2 blackberry speednya hampir sama di area EDGE dan GPRS yg jd masalah biasanya adalah operatornya. Tetapi kalau menggunakan Opera Mini 5 di windows mobile maka speed aksesnya saya katakan mirip dengan blackberry karena server operalah yg melakukan kompresi.

    Kalau Blackberry digunakan sebagai modem maka gemini dan valencia ini hampir mirip speednya di area EDGE dan gemini kalah telak di area HSDPA. Pertimbangan lain saya masih belum membeli BB adalah karena saya sudah langganan internet tetap di komputer, jd kalau beli BB sudah tentu layanan BISnya ngga terlalu saya butuhkan. Jadi fungsinya hanya untuk SMS dan Telp aja (toh jadinya sama aja kan dengan valen saya). Malah Valen ini memiliki keunggulan di kamera dan video (Samsung valencia ini kualitas videonya paling baik di antara saingannya dengan harga yg sama.. Video rate valencia di 25fps yg lainnya cuma 12fps).

    Saya akan membuat postingan lagi tentang blackberry ini sejauh yg saya tahu dan beberapa pengalaman orang lain semoga kita bisa berdua mengambil pelajaran dari sana.

    Btw maaf Kang lom sempet JJS karena sibuk sama beberapa kegiatan dan hunting blackberry ini hehehe

    ReplyDelete
  4. pgn beli valenci, tp dia plug n play ga, jadi ga perlu instal driver klo mau colok kbel data, maklum blm pernh pke samsung valanci,mhon pencerahannya

    ReplyDelete
  5. Mau tanya nihh.. saya br aja beli samsung valencia bbrapa hari ini.
    Tapi dbikin pusing ama tampilan Facebook-nya!!
    Qta gak bisa otomatis liat comment2 yg masuk baik ke status qta atau status org lain.. harus masuk ke wall dulu, dan itupun hanya muncul comment trakhir aja. Apa yg lain jg mengalami hal yg sama ?? trus bisa diganti gak settingan FBnya ??

    Slain itu ada bbrapa fitur yg fungsinya jg gak optimal menurut saya.. misal Camera Sekunder yg cm bs berfungsi saat dpake Video Call aja. Jadi kl qta mau pake tanpa Video Call jadi gak bisa donk..

    Entah karena saya baru beli dan belum terbiasa, atau memang ada yg mengalami keganjilan2 yg sama dengan saya ??
    Tolong Komentar-nya... terima kasih !!

    ReplyDelete
  6. @Milana: perlu install active sync nanti drivernya kedetect sendiri kok.
    @Meidy: untuk facebooknya yg lbh bagus drpd bawaan bisa didownload di http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=627072 dan untuk kamera sekunder saya blm pernah menggunakannya dan sepertinya memang ngga bisa klo ga video call.

    ReplyDelete
  7. Mau nanyak nih saya sekarang pake valensia dan rencana besok mau tuker BB Bold 9000..cuma saya kayaknya sayang banget sama valensia-nya..Menurut mas/mbak kalo valensia diganti sama BB bold 9000 nyesel gak ya?hellpp me plisss...karna baru mau sekali ini pake BB sebelumnya belum pernah...
    thx..

    ReplyDelete
  8. Hmm sekedar menanggapi,
    Kalo menurut agan Samsung Valencia dengan Windows Mobile gak memiliki BIS itu salah,
    Untuk email push bisa menggunakan softwares Seven, atau email push bawaan Valencia (walau telat 5 menit) yang up to date
    Untuk Messenger ada Windows Live, Nimbuzz atau mau yang persis fungsinya kaya BBM, pake Palringo
    Kalo untuk batere boros ... semua Windows Mobile Phone memang boros
    Dan kalo dibilang BB lebih baik, anda salah ... dengan harga 1.3 Juta anda dapat dengan koneksi 3.5G, Facebook Integrated, Email Push, Threaded SMS (sms dengan tampilan chat) fitur ini harus anda unlock terlebih dahulu, bisa anda upgrade menjadi Windows Mobile 6.5, GPS Integrated, Kamera 2 Mega dengan ualitas 5 Mega, layar terbesar dibanding hape saingan saya rasa ini HP low end dengan kualitas high end
    walaupun tidak ada wifi (namanya juga hp lowend)

    Correct if I'm Wrong ... apakah dengan harga segitu anda dapat membeli BB ?

    ReplyDelete
  9. Gimana cara ulock fitur threaded sms ini, agan boardrider??

    ReplyDelete
  10. gimana cara up date wimo 6.1 nya samsung valencia ke wimo 6.5, tolong infonya yah. makasih

    ReplyDelete
  11. kalo hp GT 6625 gw ga keluar suara...terus bacaannya corup..apa ya

    ReplyDelete
  12. ko valencia saya gda facebooknya ya?gmn nih...tlong bantu,,,

    ReplyDelete

 

Tentang Blog Ini

Blog ini adalah tempat untuk menyimpan apapun yang menarik, yang sempet terlihat oleh mata di internet.

Jangan lupa lihat tahun postingan karena bisa saja tips yang dikasih disini sudah ngga revelan.
Return to top of page Copyright © 2007 - 2012