Thursday, April 8, 2010

Membeli Blackberry Javeline (Curve 8900)

javeline curve8900Akhirnya, saya putuskan juga membeli Blackberry. Blackberry yang saya beli adalah javeline (curve 8900). Sebelum memulai saya perlu tegaskan bahwa ini adalah pendapat pribadi saya dan tentu saja subyektif.


Spesifikasi javeline yang vital menurut saya adalah Camera 3.2Mp, Jaringan hanya bisa edge belum 3G, support wifi, dan gps. Yang lain mungkin ngga usah saya sebutkan atau bisa anda baca disini


Kelemahan javeline hanya belum support 3G, tetapi saya memang sengaja mencari yg belum 3G karena seperti pada postingan blackberry sebelumnya.


Untuk harga masih saya bilang relatif, tetapi kalau dibandingkan dengan samsung valencia, maka dengan dana yg lebih murah anda sudah bisa mendapatkan smartphone canggih (bahkan memiliki kualitas camera yang bagus meskipun hanya 2Mp).


Pada blackberry kalau anda tidak berlangganan BIS maka sebagian besar fungsinya tidak akan bisa anda gunakan. Dan itu berarti anda harus mengeluarkan kocek berkisar 100rb - 180rb per bulan untuk layanan BIS yg reliable. Kalau tidak, blackberry ini hanya akan menjadi handphone yang berkamera (browsing masih bisa dengan pulsa gprs dan bantuan opera mini) tapi jangan harap bisa push email.


Musuh utama blackberry adalah pin cloning, kalau pin anda dikloning maka dipastikan blackberry anda berada dalam masalah. Maka dari itu jaga kerahasiaan imei anda (untuk kloning diperlukan pin dan imei). Kalau pin sih ngga masalah disebarluaskan.


Anda adalah internet marketer dan forex trader? Maka saran saya jangan membeli blackberry, belilah smartphone lain yg berbasis symbian dan windows mobile. Karena blackberry saat saya menulis ini belum bisa digunakan untuk kegiatan trading terutama platform metatrader.


Untuk kualitas sound pada headset (bukan speakerphone) maka dengan tegas saya katakan saya jauh lebih suka sound dari samsung valencia dibanding blackberry.


Dan sekedar catatan, meskipun blackberry dilengkapi dengan jack audio 3.5" jangan sekali-kali anda menyambungkannya dengan speaker active (apalagi yg berkekuatan besar) karena banyak ditemui masalah hardware blackberry yg rusak (dapet info teknisi yg biasa menangani blackberry).


Trik sederhana kalau blackberry anda sudah mulai melambat dan untuk mempercepat kembali kinerjanya :



  • Lihat file free (usahakan file freenya di atas 10Mb) tekan ALT + shift + H

  • Dan untuk membersihkan memory blackberry pencet ALT + SHIFT (kanan) + DEL

Note :
Apa sih file free? Bisa dikatakan file free itu adalah memory yg digunakan oleh blackberry agar bisa beroperasi dengan baik jadi semakin besar file free semakin bagus untuk blackberry anda. Mungkin sebutannya berbeda-beda untuk setiap system operasi tapi fungsinya sama saja.


Kalau diumpamakan pada manusia. Coba saja anda bekerja saat pikiran lagi sumpek dan penat tentu hasilnya tidak akan maksimal, maka dibutuhkan liburan untuk membersihkan memory, di gadgetpun sama seperti itu.


Javeline lebih kecil bila dibandingkan dengan Bold 9000. Saya memilih javeline karena lebih enak dipegang dan pas di tangan jadi saya bisa ber sms atau mengetik hanya dengan menggunakan satu tangan dan tangan yg satunya bisa buat ngupil .


Layar juga lebih kecil dan untuk membaca text tidak ada masalah. Javeline masih menggunakan trackball sama seperti bold 9000.

No comments:

Post a Comment

 

Tentang Blog Ini

Blog ini adalah tempat untuk menyimpan apapun yang menarik, yang sempet terlihat oleh mata di internet.

Jangan lupa lihat tahun postingan karena bisa saja tips yang dikasih disini sudah ngga revelan.
Return to top of page Copyright © 2007 - 2012