Sunday, April 18, 2010

XL Blackberry Gaul tarif Cuma 2000 sehari error dan troubleshooting

Ceritanya bermula saat saya lagi coba-coba layanan blackberry dari beberapa operator selular sebut saja yg baru saya pernah rasakan yaitu paket blackberry dari telkomsel, xl dan axis (yg lain belum pernah).


Saya ngga akan mereview semua (mungkin lain waktu) saat ini ada beberapa kerjaan yg mesti diselesaikan. Biasanya saya pakai yang unlimited terus karena ingin coba-coba saya pindah ke paket xl blackberry gaul (xl bb gaul) dengan tarif cuma Rp 2000/hari.


Berikut ini saya kutip dari websitenya XL :



Mulai tanggal 1 Feb 2010, layanan BlackBerry Chat Resmi di Launch dengan nama BlackBerry Gaul.


Fitur yang didapat


1. Mendapatkan fitur ”Social Networking”, aplikasi Facebook.
2. Mendapatkan fitur chatting standar (bawaan BlackBerry) seperti Yahoo Messenger, MSN, Google Talk, Blackberry Messenger


Fitur yang ditutup


1. Tidak mendapatkan fitur untuk Browsing
2. Tidak mendapatkan fitur untuk Email


Aplikasi Third Party tidak dapat digunakan pada layanan BlackBerry Gaul
Contoh:


* Beejive
* Palringgo
* Nimbuzz
* Opera Mini
* UberTwitter


Hanya aplikasi chating dan social networking resmi dari BlackBerry yang bisa digunakan pada layanan BB Gaul.


Tarif Paket BB Gaul


Tariff untuk layanan BB Gaul Harian adalah :
Pre-paid : Rp. 2.000/bulan ( termasuk pajak )
Post-paid : Rp. 1.818 /bulan ( belum termasuk pajak ) atau Rp. 2.000 /bulan ( sudah termasuk pajak )


Tariff untuk layanan BB Gaul Bulanan adalah :
Pre-paid : Rp. 50.000/bulan ( termasuk pajak )
Post-paid : Rp. 45.454 /bulan ( belum termasuk pajak ) atau Rp. 50.000 /bulan ( sudah termasuk pajak )


CATATAN :
* Pelanggan hanya diperbolehkan mendaftar untuk salah satu layanan Gaul (jika sudah terdaftar sebagai pelanggan BB lain tidak diperkenankan untuk mendaftar BB Gaul). Jika pelanggan BB One ingin mendaftar BB gaul, maka mereka harus stop BB One kemudian mereka dapat mendaftar BB Gaul


Metode charging adalah :
Pre-paid : Menggunakan mekanisme “Adjust Balance”
Post-paid : Menggunakan mekanisme “SMS MT” dengan SDC : 56821



Registrasi, Recurring, Cek Info & Stop Berlangganan


Prepaid
Registrasi untuk layanan BB Gaul untuk kartu prepaid bisa menggunakan :


1. Melalui UMB -> *123#


 


Pulsa Rp XXXXXXX aktif s/d DDMMMYY
Pake XL CDMA 10% lbh murah dr CDMA
1.Paket Nelpon
2.Paket SMS
3.Internet & Blackberry


o Status Layanan Anda
o Daftar BlackBerry One Harian
o Daftar BlackBerry One Bulanan (30 Hari)
o Daftar BlackBerry Gaul Harian
o Daftar BlackBerry Gaul Bulanan
o Stop Layanan


4.XPRESSIVE SMS
5.XL Fitur
6.Keluar


2. Melalui SMS


* Registrasi :
o Ketik “BB(spasi)Gaul” kirim ke 568
o Lalu Ketik “Ya(spasi)Gaul” Kirim ke 568
* Stop Berlangganan :
o Ketik “Gaul(spasi)off” kirim ke 568


Postpaid
Registrasi untuk layanan BB Gaul untuk kartu prepaid bisa menggunakan :
1. Melalui UMB -> *108#


 


Sisa limit Rp 2000,00.daftar segera XL internet Unlimited
1.Info tagihan
2.Seting GPRS
3.Status Anda
4.Daftar Paket XL Priority
5.Internet Unlimited
6.Daftar Layanan BlackBerry
Layanan BlackBerry


o Status Layanan Anda
o Daftar BlackBerry One Harian
o Daftar BlackBerry One Bulanan (30 Hari)
o Daftar BlackBerry Gaul Harian
o Daftar BlackBerry Gaul Bulanan
o Stop Layanan


0.Menu Utama
7.Fitur lain


2. Melalui SMS


* Registrasi harian :
o Ketik “BB(spasi)Gaul” kirim ke 568
o Lalu Ketik “Ya(spasi)Gaul” Kirim ke 568
* Stop Berlangganan :
o Ketik “Gaul(spasi)off” kirim ke 568
* Registrasi Bulanan :
o Ketik “BB(spasi)Gaul (spasi)Bulan ” kirim ke 568
o Lalu Ketik “Ya(spasi)Gaul” Kirim ke 568
* Stop Berlangganan :
o Ketik “Gaul(spasi)Bulan(spasi)off” kirim ke 568


Nah, yg jadi masalah adalah saat menggunakan layanan ini dan sudah teregistrasi tapi tetap ngga bisa digunakan (tulisan edge/gprs/3G masih huruf kecil) akhirnya saya telpon juga ke 817 dan ada 1 solusi yg diberikan yaitu :



  • Buka option --> mobile network --> ubah jaringan dari automatic ke manual dan pilih provider lain.

  • Kemudian cabut battery BB anda.

  • Tunggu 5 - 10 menit kemudian pasang kembali.

Ok saya coba cara tersebut dan tetap ngga ada hasil.. Akhirnya saya coba cara saya :



  • Cabut battery BB anda.

  • ganti kartu menggunakan kartu dari provider lain.

  • Pasang battery BB.

  • Setelah itu biarkan sampai jalan normal kira2 1 menit (setelah dapat sinyal dari provider tersebut).

  • Cabut kembali battery bb dan ganti kartu ke kartu xl yg sudah aktif layanan BB gaulnya.

Dan berhasil. Kini semua layanan yg mencakup xk BB gaul sudah bisa saya gunakan. Semoga cara di atas berhasil pada handset anda. Sekedar info handset saya Bold 9000 os versi 5.0.0.592 harusnya sih ngga masalah walau beda handset.

5 comments:

  1. Tq banget........gw dah pusing,,,,,,registrasi BB one gw ga aktif!! dah k xl jg!! akhirnya gw buka google nemu situs ini & gw coba tuker kartu sim gw ama provider lain & berhasil!! tq ya,,

    ReplyDelete
  2. wkwkwk biasa si gitu BB on nya lama BB offnya cepet

    ReplyDelete
  3. Thanks a lot..skrg dah bisa pake paket yang BB gaul bulanannya..klo gak rugi dah..hehe..^^

    ReplyDelete
  4. @ felice: emng ga rugi ya klo yg bb gaul? kan ga bs browing or donlod2 tan.

    ReplyDelete
  5. saya masih lebi prefer ke indosat si..

    ReplyDelete

 

Tentang Blog Ini

Blog ini adalah tempat untuk menyimpan apapun yang menarik, yang sempet terlihat oleh mata di internet.

Jangan lupa lihat tahun postingan karena bisa saja tips yang dikasih disini sudah ngga revelan.
Return to top of page Copyright © 2007 - 2012