Tuesday, August 2, 2011

Memasang Memory Ram Beda Merk

Beberapa hari yang lalu saya sempat menambah memory (ram) pada komputer saya dan karena kebetulan ada memory yang ga kepake jadi saya mencoba memasang memory tersebut pada slot mainboard karena masih ada kosong.

Memory saya ada 2 dengan spesifikasi sebagai berikut:

- 2Gb V-gen DDR2 PC 6400
- 1Gb Visipro DDR2 PC 6400

Sebelum lanjut apa sih bedanya atau hubungannya PC 6400 vs PC 5300 atau DDR, DDR2, DDR3, etc dengan angka PC yg tertera disana?

- DDR2 PC 5300 (sering disebut sebagai DDR2-667) memori ini dirancang untuk digunakan dalam sistem dengan front-side bus 333MHz. Angka "5300" mengacu pada bandwidth modul (jumlah maksimum data yang dapat mentransfer setiap detik), yaitu 5300MB/s, atau 5.3GB/s. PC2-5300 ini kompatibel untuk PC2-4200.

- DDR2 PC 6400 (sering disebut sebagai DDR2-800) memori DDR2 ini dirancang untuk digunakan dalam sistem dengan front-side bus 400MHz (menyediakan hingga data transfer 800MT/s). Angka "6400" mengacu pada bandwidth modul (jumlah maksimum data yang dapat ditransfer setiap detik), yitu 6400MB/s, atau 6.4GB/s. PC2-6400 kompatibel untuk PC2-4200 dan PC2-5300.

Jadi semakin besar FSB cpu maka semakin kencang pula proses data yg bisa dijalankan CPU anda. Bisa dilihat pada postingan terdahulu Merakit Sendiri PC/Komputer Anda (pada bagian Ram).

Bagaimana cara mengecek berapa frequensi ram yang anda jalankan saat ini? Untuk mengeceknya anda bisa download CPUZ disini (lihat latest release di sidebar sebelah kanan) kemudian klik download. Tampilannya seperti dibawah ini.

cpuz ddr2
(gambar 1)

Karena DDR = Dual Data Rate.  Maka memory ini sebenarnya berjalan di frekuensi 800Mhz (400Mhz x 2) sesuai dengan FSB hardware saya. Utk mengetahui FSB anda bisa cek melalui search engine (cukup ketik tipe mainboard dan lihat pada specsnya).

Balik lagi ke permasalahan saya beberapa waktu lalu yaitu meskipun PC ram sama (sama2 6400) tetapi timingnya berbeda. (Timing ini bisa anda set di bios – klo bios anda mendukung, klo ngga maka dia akan menyesuaikan sendiri timingnya). Seperti terlihat di atas timing memory saya ada di 6-6-6-18-24 (ini bisa sama setelah saya membeli memory dg merk dan spesifikasi yg sama yaitu V-gen).

Pada waktu menggunakan Visipro + V-gen DRAM frequency saya hanya 335.9 Mhz. Ini disebabkan karena Visipro memiliki timing berbeda dengan V-gen meski sama-sama PC 6400. Bisa anda lihat pada screenshot dibawah:

visipro

Sedangkan yg dibawah ini adalah V-gen:

vgen

Pada saat itu PC saya mengambil maksimal dari yg terendah yaitu dari visipro 5-5-5-15-20 (lihat Jedec) sehingga dari V-gen pun diambil yg timingnya sama. Jadi Visipro saya running di 400Mhz sedangkan V-gen di 333Mhz. V-gen support di 6-6-6 sedangkan visipro hanya di 5-5-5. Sudah jelas dengan konfigurasi seperti ini frekuensi jadinya timpang dan ngga maksimal (lihat gbr dibawah).

ram-semua

Setelah saya ganti dengan Merk dan PC yg sama bisa anda lihat bedanya di gambar 1 paling atas. FSB : DRAM menjadi 1:2, baca2 di forum overclocking bahwa FSB : DRAM = 1:1 adalah kombinasi paling efisien.

Kesimpulan:

Meskipun sama-sama PC 6400 ketimpangan frekuensi RAM masih terjadi, dan kurang efisien. Kalau ingin menambah memory sebaiknya anda membeli memory yg merknya sama dan PCnya juga sama agar ketimpangan memory ini ngga terjadi sehingga cpu anda lebih efisien dan maksimal dlm bekerja.

Kalaupun anda membeli memory beda merk sebaiknya cek dulu timingnya pada komputer teman/sodara yg menggunakan merk ram yg akan anda beli, kalau PC sama dan timing beda (lihat tab SPD dan Jedec #1, #2, #3) kemungkinan akan terjadi ketimpangan frekuensi pada RAM anda.

Semoga pengalaman saya ini dapat menjadi masukkan untuk anda.

Sedikit testimonial buat V-gen.

Beberapa hari lalu saya sempat membeli memory V-gen DDR2 PC 6400 utk PC kedua saya. Pada saat dicoba semuanya berjalan lancar, TETAPI beberapa jam kemudian komputer saya mengalami bluescreen hingga puluhan kali (segala cara saya coba mulai dr system restore hingga reinstall driver dan melakukan memory test dengan software bawaan windows) ga membuahkan hasil. Akhirnya kecurigaan mengarah ke memori yg baru dibeli kemudian saya copot dan masukkan kembali visipro, Blue Screen of Death (BSOD) menghilang.

Saya pasang kembali memory v-gen yg baru saja dibeli dan kembali melakukan memory test menggunakan software bawaan windows dan anehnya lagi-lagi ngga ditemukan error apapun. Kemudian saya coba melakukan memory test menggunakan software dr http://www.memtest.org/ dan belum 5 menit test berjalan sudah ditemukan lebih dari 500++ error.

Akhirnya saya tukar memory tsb ke service center V-gen. Tanpa menunggu lama (cuma +/- 3 menit) dan ngga ada pertanyaan apapun memory saya langsung diganti baru dan sampai saat ini semua berjalan lancar. Sepertinya V-gen ga main-main dengan slogan “Lifetime warranty - garansi seumur hidup”nya.

22 comments:

  1. Artikel yang sangat bagus walau dengan penyajian yang panjang tapi berbobot.

    ReplyDelete
  2. apakah dengan ketimpangan frekuensi tsb dpt membuat windows tidak bisa booting?soalnya hal ini terjadi pd komp saya..

    ReplyDelete
  3. seharusnya ketimpangan freq ngga ada hubungannya, kecuali ramnya yg rusak.

    ReplyDelete
  4. saya menggunakan os win7/64 ram 1gb+4gb beda merk,pc dan frekuensi.sejauh ini tidak ada masalah dg laptop saya.sebagai gambaran,ram yg saya gunakan merk Ramaxel 1GB/533/pc8500 dan merk VGEN 4GB/667/pc10600.tidak ada masalah yg penting tegangannya sama,frekuensi kecepatan akan mengikuti yang paling lambat.

    ReplyDelete
  5. Yup betul, spt yg saya jelaskan di postingan akan mengikuti freq yg paling lambat jadi klo bisa udahakan membeli ram yg merknya sama biar efisien. Klo udah terlanjur beli ya ngga apa apa.

    ReplyDelete
  6. lumayanlah ilmunya untuk tambah pengetahuan

    ReplyDelete
  7. om mau tanya neh tadi temen iseng2 ganti frekuensinya ramnya.. sekarang komputer ga mau jalan , gimana solusinya yah?? mohon bantuannya.. thankyou...

    ReplyDelete
  8. gan mau tanya, tadi iseng-iseng ganti2 frekuensi RAM nya.. eh skrg malah ga mau nyala.. mohon bantuannya please... thankyou gann....

    ReplyDelete
  9. bagus juga V-Gen ada garansi seumur hidup..

    ReplyDelete
  10. Kemungkinan waktu masang RAM ke slotnya kurang pas coba sedikit di tekan kalau belum bisa coba satu-satu dulu nanti kliatan mana yg kurang pas...yang penting masalah tidak jauh2 dari situ...ini pengalaman gue yg penah pasang pada laptop dan PC

    ReplyDelete
  11. owh jadi gitu ya,. ada tips ga gan buat ngurangin proccess windows, biar ram ga kemakan banyak. ? terims

    ReplyDelete
  12. Saya kan baru beli ram 2 gb vgen yg lama 1gb samsung pas di pasang kok pcnya berbunyi beep gitu ya?

    ReplyDelete
  13. apakah setelah ram v-gen nya diganyi, masih BSOD?
    tong dijawab yaaa, soalnya kasus saya sama kayak gitu...
    Visipro + Vgen

    ReplyDelete
  14. Kalo masalah merk kira2 lebih terjamin merk kingstone atau vgen ya ?

    ReplyDelete
  15. Gan saya habis tambah ram, ram bawaam saya 2gb di tambah dengan ram yg baru, vgen 4gb, tp stelah saya coba mainkan laptop saya malah terjadi restart sendiri, berulang2. Gmn solusinya ya gan? Makasih

    ReplyDelete
  16. kalo gampangnya klaim garansi jangan kindston... gampan Vgen klaimnya.... gampang lagi venom.... kalo kingston nunggu 3 minggu mesti kirim jakarta....

    ReplyDelete
  17. kalo gampangnya klaim garansi jangan pake kington..susah mesti nunggu jakarta sampe 3 minggu ambil Vgen aja gampang..lebih gampang lagi Venom...

    ReplyDelete
  18. Makasih gan sangat membantu artikelnya...

    ReplyDelete
  19. Makasihgan sangat bermanfaat artikelnya....

    ReplyDelete
  20. Bang lihat merek ram gimana ya bang tanpa membuka leptop. Kayak visipro atau V-Gen

    ReplyDelete
  21. Cuma share jg kmrn sy mix ram beda merk dan beda frekwnsi pc5300/2gb dgn pc6400/1gb alhasil suara ilang driver sound error bahkan blue skrin.. Sampe pusing knp pc bisu n sering blueskrin sampe 3x reinstal masih jg error.. Akhirnya curiga ma ram.. Ternyata benar stelah sy copot salah satu ram akhirnya FIX no error lg... Thx

    ReplyDelete
  22. om saya mau nanya laptop saya merk asus intel core i3 2.350m, 2,3 ghz sistem operai os 64 bit thn 2012 ram bawaan saya 2 gb ddr3, ketika saya mau nambah ram saya diberikan dua pilihan ram bekas 2gb ddr3 dan 4gb ddr3 maaf merknya saya lupa. ketika dilihat merk ram bawaan laptop saya merknya apanya entah kenapa merknya seperti itu, ketika dipasang ram yang 2gb ddr3 bisa support tapi untuk yang 4gb ddr3 gak bisa support kenapa ya. namun ketika saya cari diwebsite ark intel laptop saya ini bisa upgrade ram sampai maksimal 16gb ddr3. tapi ketika saya ingat2x jenis yang 2gb warna motherboardnya hijau warnanya sama seperti ram bawaan saya tapi yang 4gb warnanya biru mungkin ram bekas 4gb tersebut bervirus atau gimana ya. ram yang 2gb tadi ketika digabungkan dengan ram bawaan tadi yang 2gb ternyata kapasitas mau bertambah menjadi 4,96 gg dan saya putuskan untuk memakai ram bawaan saya

    ReplyDelete

 

Tentang Blog Ini

Blog ini adalah tempat untuk menyimpan apapun yang menarik, yang sempet terlihat oleh mata di internet.

Jangan lupa lihat tahun postingan karena bisa saja tips yang dikasih disini sudah ngga revelan.
Return to top of page Copyright © 2007 - 2012