Thursday, July 28, 2011

Salah Satu Cara Menentukan Antivirus Terbaik

Pada posting terdahulu, saya pernah membahas Microsoft Security Essential dan smadav. Di postingan ini saya akan mencoba membagi pengalaman dalam menentukan antivirus yang (sebisa mungkin) gratis tapi lumayan bagus.

Untuk menentukan bagus atau tidaknya antivirus membutuhkan test dengan berbagai virus, melakukan pengujian software, kecepatan scan hdd, dan masih banyak lagi variabel lain agar hasil lebih akurat.

Saya rasa banyak dari kita para pengguna yang ngga sempat atau ga bisa melakukan itu. Dan untungnya ada perusahaan yang melakukan testing pada beberapa produk antivirus jadi kita menggunakan data yang mereka rilis.

Saya biasanya melihat report dari http://av-test.org/, perusahaan ini (AV-TEST GmbH)  adalah konsultan IT dan security testing yang sudah bertahun-tahun bergelut dengan keamanan dan anti virus.

Setelah melakukan testing pada antivirus mereka biasanya meranking antivirus dengan memberikan skor untuk protection, repair dan usability.  Untuk mendapatkan sertifikasi dari AV-test maka sebuah antivirus harus mendapatkan skor minimal 11 dari total 18 skor.

Berikut adalah skor antivirus untuk  tahun 2011 quarter II untuk windows xp  yg diambil dari av-test (saya ranking berdasarkan keampuhan mendeteksi virus dan lulus sertifikasi):

  1. BitDefender: Internet Security Suite
  2. AVG: Internet Security 10.0
  3. F-Secure: Internet Security 2011
  4. G Data: Internet Security 2012
  5. Kaspersky: Internet Security 2011 and 2012
  6. Panda: Internet Security 2011 and 2012
  7. Avast: Free AntiVirus 6.0
  8. BullGuard: Internet Security 10.0
  9. Symantec: Norton Internet Security 2011
  10. Trend Micro: Titanium Internet Security 2011
  11. Eset: Smart Security 4.2
  12. Sophos: Endpoint Security and Control 9.5 and 9.7
  13. Avira: Premium Security Suite 10.0
  14. GFI: Vipre Antivirus Premium 4.0
  15. Microsoft: Security Essentials 2.0
  16. Webroot: Internet Security Complete 7.0

Mohon dicatat list di atas tidak menentukan ringan atau tidaknya antivirus tersebut di komputer anda, ranking hanya berdasarkan kemampuannya mendeteksi virus. Untuk lebih lengkap anda bisa klik disini dan klik tab menu untuk versi windows yg anda gunakan dan rankingnya bisa berubah-ubah tiap 4 bulan.

Lembaga satunya lagi adalah http://www.av-comparatives.org/ sebuah badan independen dari austria yang juga melakukan test pada antivirus. Untuk melihat hasil testnya yang dilakukan pada berbagai macam software antivirus anda bisa mengacu pada halaman ini

Untuk melihat keampuhan mendeteksi virus anda bisa mengubah by vendor menjadi by detection rates. Di akhir juli 2011 ini bisa dilihat disana Top 10 antivirus bedanya adalah 3% dan ada 3 antivirus yang keampuhannya mendeteksi virus hampir sama yaitu F-secure, Panda dan Trend Micro.  Hasilnya berbeda dengan Av-test Gmbh karena mungkin metode pengujiannya juga berbeda.

Dalam memilih antivirus saya biasanya menggabungkan hasil test dari kedua lembaga tersebut, memilih yang ada di top 15, kemudian melihat-lihat reviewnya antivirus mana yang paling ringan kemudian menggabungkannya dengan anti malware. Pernah juga saya bahas disini tempat review antivirus atau klik disini untuk melihat langsung review antivirus oleh user.

Note:

1. Jangan terlalu senang kalau anda ngga menemukan virus di komputer anda, karena bisa berarti 2 hal.  (1) Antivirus anda kurang bagus dalam mendeteksi atau (2).  Memang benar komputer anda bersih dari virus.

2. Kalau anda di warnet/komputer publik dan membutuhkan login (password) ke account penting spt facebook, yahoo, dll sebisa mungkin gunakan on-screen keyboard untuk menghindari keylogger dan mencegah account anda terkena hack dan jangan lupa log out!!
- Akses on-screen keyboard di windows xp (start menu –> accessories –> accessibility –> on-screen keyboard)
- Akses on-screen keyboard di windows 7  (Start menu –> All Programs –> Accessories –> Ease of access –> On-screen keyboard)

Semoga berguna :)

1 comment:

  1. Trims infonya tentang Anti virus terbaik dalam peringkat.

    Selama ini kami sempat ganti ganti anti virus coba sana coba sini. Dan akhir akhir ini kami menggunakan AVG namun yang free. walau lebih berat dari anti virus yang lain yang pernah kami coba kami jatuh hati pada AVG karena banyak virus yang terdeteksi.

    Karena free maka tidak ada fasilitas untuk membersihkan tetapi langsung di delete beserta program atau file yang di tempeli / terbaca virus oleh AVG.

    ReplyDelete

 

Tentang Blog Ini

Blog ini adalah tempat untuk menyimpan apapun yang menarik, yang sempet terlihat oleh mata di internet.

Jangan lupa lihat tahun postingan karena bisa saja tips yang dikasih disini sudah ngga revelan.
Return to top of page Copyright © 2007 - 2012