Wednesday, March 18, 2015

Tinta Tidak Keluar Pada Printer Epson Infus

Kejadian ini baru saja saya alami padahal baru 30 menit yg lalu printer saya normal sekali untuk pakai print dan cetak warna maupun hitam.

Tulisan yg tercetak putus-putus dan tinta hitam kadang tidak keluar  padahal saya baru saja selesai mengisinya di tabung infus. Saya sampai menghabiskan hampir setengah tinta di tabung infus untuk cleaning tapi hasilnya sama saja tinta hitam tetap tidak mau keluar dan tulisan hanya tercetak setengah.

Dan saya sudah cleaning head dengan merendamnya pakai cara mengatasi tinta mampet tapi tetap tidak berhasil tinta masih saja ogah keluar, kualitas print sudah saya set ke text & image sampai best photo masih juga hasil printnya ngga karuan.

Saya diam sejenak mengingat ingat apa yg sudah saya lakukan hingga printer saya seperti ini padahal sebelumnya baik-baik saja:
  • Saya mengganti merk tinta dengan terlebih dahulu menyedot di tabung infus tapi ngga sampai habis mungkin masih tersisa 2 - 3 ml.
  • Tiba-tiba tinta hitam ngadat dan sudah dibersihkan (head cleaning) berkali-kali sampai tinta habis setengah botol (mungkin 50ml).
  • Head sudah dibersihkan pakai head cleaner (2x sampai sisa cairan head cleaner di botol udah ludes) masih juga tidak bisa. 
  • Kemudian saya berpikir ngga mungkin karena tersumbat padahal 30 menit yg lalu dipake tinta masih keluar lancar dan kalau tersumbat biasanya cuma dibersihin 1x aja pake cairan head cleaner sudah lancar.
  • Ini printer seminggu ini udah saya pakai kurang lebih print 1,5 rim bolak balik jadi sekitar 1500 lembar (document word yg ada gambarnya). Apa mungkin printernya lelah? Hehehe
  • Akhirnya saya ingat kalau saya belum menyedot semua tinta di cartridge sampai habis (hal yg saya lakukan dulu saat mau ganti merk tinta).
Akhirnya saya lipat selangnya kemudian saya jepit pakai jepitan kertas (kalau ngga punya jepitan kertas bisa pake karet gelang) dengan tujuan agar saat saya sedot tinta di cartridge tinta di tabung infus ngga ikutan kesedot lalu saya sedot habis tinta di cartridge (pake spuid + jarum) sampai yg kesedot hanya udara.

Jepitan selang dibuka, kemudian cartridge disedot udaranya (pake spuid yg dilepas jarumnya) sampai tinta di cartridge penuh, tutup cartridge (yg kecil itu) kembali dipasang dan kemudian dilakukan head cleaning klo ngga salah cuma 2x. Habis itu saya pake print ketikan yg ada gambarnya dengan kualitas text & image... print pertama masih agak putus-putus, print kedua sudah mulai bagus, print ketiga normal... Akhirnya saya set kualitas print kembali ke text dan jreeeengggg........... HASILNYA NORMAL KEMBALI.

Trus masalahnya apa dong?
  • Kemungkinan saya salah dalam mengisi tabung infus dan saya rasa tulisan ini mungkin adalah cara untuk mengisi tinta infus yang benar saya belum sempat isi lagi jadi kemungkinan nanti saya coba pakai cara tersebut.
  • Kemungkinan kedua karena saya tidak benar2 mengosongkan cartridge saat mengganti merk tinta. 
  • Jadi, tinta tidak keluar bukan hanya karena head mampet saja. 
Kalau printer anda mampet lagi setelah didiamkan beberapa saat sebaiknya kembali gunakan tinta yg tidak bermasalah.
Semoga pengalaman saya ini bisa berguna untuk anda.

No comments:

Post a Comment

 

Tentang Blog Ini

Blog ini adalah tempat untuk menyimpan apapun yang menarik, yang sempet terlihat oleh mata di internet.

Jangan lupa lihat tahun postingan karena bisa saja tips yang dikasih disini sudah ngga revelan.
Return to top of page Copyright © 2007 - 2012