Tuesday, September 20, 2011

Telkom Flexi Evdo (Mobile Broadband)

Bosan dengan internet lambat, gunakan flexi mobile broadband, layanan koneksi data hingga 5mbps dengan teknologi evdo…

Itulah yang pertama saya baca saat mengunjungi website Telkom Flexi Mobile Broadband (Evdo). Saat postingan ini ditulis, flexi evdo masih dalam masa promo yaitu hanya 50rb per bulan dan belum launching di seluruh Indonesia. Di halaman webnya pun sudah terpampang modem dan beberapa gadget yang support evdo (mungkin dipersiapkan untuk mendukung launching resminya). Untuk anda yang wilayahnya belum dicover flexi mobile broadband dengan terpaksa anda masih harus menggunakan internet akses telkom flexi cdma 1x yang memang sudah ada semenjak beberapa tahun lalu.

Karena membahas CDMA EVDO sekalian saja kita bahas sedikit tentang pesaing flexi yang sudah lebih dahulu melaunching EVDO. Lalu provider apa aja di Indonesia yang sudah lebih dulu menggunakan teknologi CDMA Evdo ini? Smartfren dan AHA Internet adalah 2 pesaingnya. Smartfren sudah tercover Evdo rev B di beberapa daerah sedangkan AHA sepertinya masih Evdo Rev A (speed UP TO 3.1mbps). Perbedaan Smartfren dan AHA terletak pada volume based dan pure unlimitednya.

Smartfren menawarkan pure unlimited artinya tidak akan ada penurunan speed setelah anda menggunakan data sebanyak apapun sedangkan AHA menawarkan sistim kuota untuk pelanggannya. Tapi jangan buru2 senang dulu karena inipun tergantung jaringan dan BTS di tempat anda bisa saja smartfren yang lebih bagus atau AHA karena kepadatan jaringan tergantung dari banyaknya pengguna di area tersebut.

Sudah sangat sering saya buktikan bahwa pelanggan isp (smart/aha/flexi/indosat/dll) di satu kota saja bisa berbeda jauh speednya, yang rumahnya di tengah kota kadang speednya lelet sedangkan yang di pinggiran speednya kencang dan stabil. Dan biasanya, meskipun sudah banyak keluhan tapi para pengelola isp masih enggan untuk menambah BTSnya. Jadi kalau anda termasuk yang tipe ini, sebaiknya anda mulai mencoba isp/operator lain daripada bertahan tapi emosi mulu tiap hari dan makin sial klo anda menggunakan modem yang kartunya di lock (alias modem hanya utk satu isp saja).

Balik lagi membahas flexi evdo, untuk dapat menikmati layanan flexi mobile broadband ini, maka anda harus upgrade kartu anda ke plasa telkom terdekat (kalau ngga salah kena biaya diantara Rp 4000 – 5000) atau membeli kartu perdana flexi baru yang sudah support evdo. 

kartu perdana flexi evdo

Untuk berlangganan flexi evdo: ketik PROMO spasi BULANAN kirim ke 2255

Cara setting akses flexi broadband:

Username: telkomnet@flexi
Password: telkom
Dial Number: #777

Atau menggunakan username bawaan (ketik LIST kirim 2255)

Username: username flexi
Password: telkom
Dial Number: #777

Untuk berhenti berlangganan ketik STOP kirim ke 2255.

Modem yang kompatibel yang sudah di test beberapa rekan di kaskus dan bisa digunakan untuk flexi evdo:

1. Sansaine San890 EVDO Rev.A (Lock)
2. AirFlash EVDO REV. A (Unlock)
3. Haier CE100 EVDO REV. A (Unlock)
4. Haier CE210 EVDO REV. A (Unlock)
5. Huawei EC1260-2 Rev. A (Unlock)

Untuk  coverage area flexi evdo anda bisa melihatnya disini

Customer service:
- Plasa Telkom
- 147 dari telp rumah/nomor flexi anda.

Ada yang sudah menggunakan flexi evdo? Bagaimana speednya atau mungkin ada tambahan silahkan submit di kolom komentar (kalau anda ngga punya website, kolom website pada formulir komentar bisa dikosongkan).

20 comments:

  1. telkom flexi memang bukan telepon biasa.

    ReplyDelete
  2. Di bandingkan yang lain flexi internet lebih juara. Dg Rp.2500 / hari bisa internetan sepuasnya. Tapi jangan di compare dg speedy lho !

    ReplyDelete
  3. speednya ga seperti yang digembar-gemborkan up to 7Mbps, tapi top juga diatas 1Mbps lebih dikit. masalah yang perlu diperbaiki adalah stabilitas. speed flexi evdo tidak stabil pada saat berada di peak tiba2 drop drastis, begitu seterusnya berulang2. sehingga bufferi serig terjadi. tapi kl download top marktop, diatas 200Kbps.

    ReplyDelete
  4. kalo flexi ip-nya gimana gan, takutnya mau login ke suatu web ga bisa krn ip-nya rame2. contohnya kalau mau ngeklik iklan ptc, kan kalau sdh di klik oleh pengguna ip yg sama maka ga bisa ngeklik, kalau pake aha tinggal restat aja modemnya, ntar ip-nya ganti....

    ReplyDelete
  5. Aku pake evdo di bandung tengah moh.ramdan sinyalnya masih kebanyakan 1x yang artinya ini sinyal CDMA bukan EVDO, nampaknya coverage evdonya masih blm terlalu luas

    ReplyDelete
  6. udah coba flexi EVDO.... Kueeenceng Pengen c pake... tapi udah telanjur beli Flash duluaan.... Mau tanya boleh ga..?? klo Pke modem flash tapi kartu'a flexi bisa kaah....

    ReplyDelete
  7. @hendra
    flexi = cdma sedangkan flash = gsm jadi ngga bisa mas kartu cdma dipake di modem gsm

    ReplyDelete
  8. sinyal FLEXI EVDO FULL TERUS GA GOYANG. tapi kalau conect. hmmm...... minta ampun sulitnya. sulit..lit...lit..lit.... seperti ga ada jaringan EVDO aja. Kalah jauh sama SMARTFREN. connect ya gampang banget. trus kenceng larinya..... bisa 2.3 M. Sebenernya Flexi niat ga ya. Apa cuma pingin ambil uang aja dari pemakainya.

    ReplyDelete
  9. speed nya sih......wuih mantep..sampe 0,56Mbps......
    cuma sy mau tanya..bgm ya dgn user dan paswd nya untk kita tdk gunakan..sbb modem sy ini mau dipake dgn router wifi (stand alone)..jadinya kan ngak bisa ketik user dan passwd nya... (kalau di kompi sih ngak problem)...

    ReplyDelete
  10. flexi mah gembel.. sinyalnya palsu.. connectny uda ky mnta dibuang tuh modem..

    ReplyDelete
  11. dr pertama ada jaringan internet ak pake flexy......sampe sekarang biar lambat asal semangat........modemku jg masih jadul krn dulu belinya mahal makanya ak nggak akan ganti tp kalau ada yang ngasih modem CDMA gratis ak sih mau aja......hehehehehehehehe

    ReplyDelete
  12. trus, gimana supaya evdo san 890 saya lebih cepet yaaa...tolong gaaaan

    ReplyDelete
  13. @anto Pake antena external bos... Atau kalau punya laptop bisa coba2 posisi yang deket dengan BTS (karena lokasi BTS ngga ada yg tau akses aja deket BTS di sekitaran wilayah anda). Kalau bagus berarti anda butuh antena external, klo tetep jelek berarti flexinya yg lagi masalah.

    ReplyDelete
  14. trus kalau cara ini tdk bisa, bagaimana lagi ya?

    ReplyDelete
  15. kalo modem AHA my TV bisa gak mas? saya kebetulan ingin coba flexi.. thanks

    ReplyDelete
  16. kk modem flexi evdo eazytech bisa pake kartu smartfren ndak ?

    ReplyDelete
  17. setuju gan, flexi mah gembel. gw bela2in bwang krtu lama, beli yg "mobile broadband" (modemnya kagak, hehe) cuman utk evdo A. nyatanya, di prolink pcm100 slim yg lg naek daun tuh (with debian package for linux support) dashboard hrs di setting ke hybrid/cdma 1x. gk yakin sinyal dua bar bs download ampe min 100 Kbps kyk smartfren. nih pleki emang cr dwit aja. gk jauh beda ama telkomsel flash. juara gsm= 3 (three). juara cdma= smart fren

    ReplyDelete
  18. oyi gan. kgk salah tuh. meskipun di kartunya ada tulisan 64K utk kartu flexi evdo yg digembor2kan skrg nih, tuh pleki mintanya qt2 disuruh dunlud-an sj, gk prlu laen2.

    ReplyDelete
  19. ibarat mobil, pleki tuh plat merah, bukan plat item kyk 3(three) ato smart fren. jd bwt sohib2 yg merana krn cintanya pd EVDO A, yg sabar ya...biarpun tuh kartu flexi EVDO tertulis 64K (beda dg flexi trendy 32K), tuh koneksi gk bakal naek2 deh. mending yg pny modem EVDO pake smartfren sj, mahal dikit gpp yg pnting sejahtera dah. koneksi pleki tuh koneksi BLT (Bantuan Langsung Tunai) bukan BTS.

    ReplyDelete

 

Tentang Blog Ini

Blog ini adalah tempat untuk menyimpan apapun yang menarik, yang sempet terlihat oleh mata di internet.

Jangan lupa lihat tahun postingan karena bisa saja tips yang dikasih disini sudah ngga revelan.
Return to top of page Copyright © 2007 - 2012