Friday, September 30, 2011

Tips: Backup Data Anda Di Firefox

Anda suka browsing menggunakan firefox? Saya yakin sebagian besar netter sudah akrab atau kenal dengan browser yang namanya Mozilla Firefox. Browser ini sudah terkenal sejak awal kemunculannya beberapa tahun silam. Namun beberapa orang mungkin meremahkan beberapa fungsi yang ada di browser ini.

Apa itu Firefox Sync?

Firefox Sync adalah layanan yang memungkinkan Anda menyinkronkan/menyamakan bookmark, sejarah browsing, password dan tab yang terbuka dengan salinan lain dari Firefox - seperti satu di komputer lain atau pada ponsel (yang mendukung browser ini).

firefox-sync

Firefox Sync memungkinkan Anda mengambil semua data Anda (seperti bookmark/favorite, sejarah browsing, password dan tab yang terbuka) ke manapun Anda pergi. Anda hanya perlu mengatur Firefox Sync pada komputer di rumah Anda maka data Firefox akan aman disimpan pada server kami dan disinkronisasi secara otomatis, ketika Anda mengatur Firefox Sync pada komputer kerja Anda/komputer lain yg anda gunakan (atau bahkan telepon Anda), data Firefox akan secara otomatis disinkronkan dengan komputer rumah Anda.

Saya baru merasakan manfaat firefox Sync ini beberapa waktu lalu setelah membeli komputer baru. Jadi komputer lama, saya kasihkan ke kerabat kemudian saya backup data-data yang ada di hdd komputer agar bisa dipindahkan ke komputer baru. Namun karena kelalaian saya, data2 di firefox lupa saya backup dan setelah terformat barulah saya sadar login ke beberapa account ngga bisa karena saya jarang mengingat password (saking banyaknya) untuk login ke website tertentu.

Tentu saja ini bikin kepala pusing karena saya ngga pernah mencatat password saya sembarangan dan hanya mengingat password untuk account penting dan ini hanya saya catat di otak dan ga pernah saya catat dimanapun. Dan kalau anda suka mencatat password anda di firefox jangan lupa untuk mengisi master password agar orang lain tidak mudah melihat kata sandi anda.

Untuk sementara ini saya hanya menggunakan firefox sync sebatas untuk backup data yang ada di browser atau mengambil data saat saya browsing di komputer atau sistim operasi yang satunya seperti Ubuntu yang sekarang sudah saya install sebagai dual boot. Dan firefox sync memudahkan semuanya karena saya ngga harus susah payah untuk backup dan restore di komputer lain. Cukup masukkan account dan key enkripsi maka data saya sudah ada pada firefox di Linux Ubuntu saya.

Caranya gampang, anda hanya harus register dulu di Firefox Sync dengan membuka Tools –> Options –> Firefox Sync kemudian buat account baru dengan mengisi email dan password anda. Setelah selesai maka anda akan diberikan access key jangan lupa mencatat access key tersebut karena akan dibutuhkan saat anda mengakses data anda dari firefox lain.

Saya rekomendasikan anda hanya mensinkronkan data anda dari komputer pribadi bukan komputer public seperti wartner atau komputer orang lain karena mereka akan bisa melihat semua data bookmark dan password anda (kalau tidak pakai master password).

No comments:

Post a Comment

 

Tentang Blog Ini

Blog ini adalah tempat untuk menyimpan apapun yang menarik, yang sempet terlihat oleh mata di internet.

Jangan lupa lihat tahun postingan karena bisa saja tips yang dikasih disini sudah ngga revelan.
Return to top of page Copyright © 2007 - 2012