Wednesday, September 2, 2009

Koneksi 3.5G/HSDPA Im3/Mentari Hanya di Lock Sampai 256 kbps

Awalnya sempet baca-baca di beberapa blog katanya menggunakan im3/mentari bisa tembus kecepatan hsdpa (3.5G) dan akhirnya sayapun tertarik untuk mencoba.


Kemaren pas keluar akhirnya beli kartu perdana im3 yang harganya 10ribu isi pulsa 5rb. Dan saya baru sempet mencobanya tadi sore. Buka bungkus kartu im3, masukin ke modem, kemudian saya pilih settingan yang berbasis durasi.


Bagi yang belum tahu ini adalah setting modem saya:


Username : indosat@durasi
password : indosat@durasi
Apn (access point name) : indosatgprs (saya coba menggunakan indosat3g ga bisa konek).


Modem yang saya gunakan adalah Sierra Wireless yang firmwarenya sudah saya upgrade sendiri hingga support 7.2Mbps (modemnya doank yg support koneksinya belom :D ). Modem ini udah saya gunakan kurang lebih 2 tahunan dan belum pernah bermasalah sampai sekarang.


Saat sudah berhasil terkoneksi, sayapun melakukan speed test karena penasaran apa benar koneksi pake im3 bisa 1-3Mbps. Dan kebetulan pula hari ini speedtest.net ga bisa digunakan karena mengalami masalah dan saya hanya mengandalkan software meter di kompie aja.


Saya lihat dan perhatikan kok speed im3 sama dengan speed im2 unlimited yaitu mentok di 32kB/s ga bisa lebih. 32kB/s kurang lebih sama dengan 256kbps. Akhirnya tanya sana sini (sialnya lagi) ga ada yang tahu, setelah internet gratis 100 menit habis dan ketemulah jawabannya klo (at least sampai hari ini) ternyata kartu im3 dan mentari speednya sudah dilock dari pabrikan hanya sampai kecepatan 3g ga bisa lebih.


Jadi meskipun memakai kartu im3/mentari dan di area hsdpa maka jaringan yg kepake ya tetep 3G bukan hsdpa. Kecuali menggunakan kartu im2 classic yang menurut saya pribadi tarifnya masih mahal minta ampun per hari ini saya lihat tarifnya adalah Rp 150.000 untuk bisa mengunduh data 300mb.


Dengan kecepatan antara 1-3.6Mb/s ngga sampai 1 jam quota 300mb sudah habis klo digunakan untuk youtube-an. Banyak juga yang bilang fastnet bagus sayang saat ini belom nyampe daerah saya hanya jakarta dan surabaya aja.


Penasaran juga buat coba evdonya smart (denger2 sih bulan depan udah beroperasi).

10 comments:

  1. namanya aja bisnis b0z.
    wajar aja klo gitu..
    :D

    .Pasti dilimit dumz, biar banyak untungnya.. :D

    ReplyDelete
  2. Hai, saya user IM2 broom unlimited generasi awal yg 100.000 per bulan, kebetulan kuota IM2 sudah habis, bahkan unlimited nya pun ternyata bisa "habis", karena sudah saya buktikan 2 bulan terakhir (Agustus - September) setelah pemakaian total melampaui 3 GB (2GB kuota + 1 GB "unlimited"), speed-nya diturunkan (lagi) dari 64 kbps ke 5 kbps begitu terdeteksi digunakan untuk mendownload file besar ( > 1 MB) atau buka flash video website, tidak seperti policy sebelumnya dimana saya bisa tetap download youtube walau 64 kbps. Akhirnya sebel, beli IM3, isi 5000 internet, 5000 reguler, reg durasi, eh malah saya kesengsem, dengan 5000 untuk 250 menit , saya bisa mendownload REC (anime) 10 episode di megavideo, total sekitar 300 MB , dengan speed ya sama seperti anda tulis : 256kbps. Kesimpulannya : operator berbohong mengenai "unlimited", kenapa tidak mereka tulis sekalian : bonus pemakaian di luar kuota sekian GB, sehingga user tidak merasa ditipu seperti ini. Dan untuk 100.000 per bulan kecepatan 256 kbps, sangat mahal dibanding pengalaman teman-teman saya yang pernah berdinas di Jepang, dengan 8000 Yen (+- Rp 800.000) per bulan via fiber optic connection di flat/asrama, mereka mendapat unlimited sebenarnya dengan speed up to 10 Mbps, sehingga biasa nya mereka membuat LAN sederhana di asrama perusahaan untuk men-share koneksi hingga 10 laptop, +- Rp 80.000 per kepala. Semoga dengan adanya WIMAX di masa depan bangsa Indonesia bisa lepas dari ketertinggalan layanan internet broadband, karena negara yang katrok internet broadband nya di era informasi ini akan seperti katak dalam tempurung, terima kasih.

    ReplyDelete
  3. saya pake modem mf622 yang dibundling sama im2. tapi sejak im2 bermasalah saya coba menggunakan kartu im3 dan konek. saya mau coba pake paket internet berbasis durasi, saya beli paketnya, saya setting apn, user name dan password yang dikatakan, dan saya test....taraaaa, berhasil konek.
    sayangnya gak bisa dipake browsing. saya coba masuk ke google, tetapi tidak mau loading. kelirunya di mana? saya menduga ada kesalahan setting di internet connection di kompie. cuma sudah saya kutak-katik, tetep juga gak bisa. tolong dong gmana caranya? thanks ya?

    ReplyDelete
  4. @mas bowo

    Ya saya juga merasakannya.. Hanya 10 hari kuota 2Gb saya udah abis dan sisanya saya harus menggunakan yg extra 1 gb itu. Ngga sampai akhir bulan quota extra tsb sudah habis juga.

    Terpaksa beralih ke operator lain deh hehehe ini juga maunya apply evdo. Saya jarang download bandwidthnya hanya saya gunakan browsing dan kadang2 main game online 200mb sehari rata2.

    @guru
    Wah maaf banget saya ngga tahu karena belum pernah menggunaka modem bundling (setahu saya modem anda di lock) dan untuk meng-unlock agar bisa digunakan di kartu lain anda harus bawa modemnya ke (dalam hal ini) gallery indosat. Itupun syaratnya anda sudah selesai kontrak yg 12 bulan itu.

    ReplyDelete
  5. hehehehe...jadi mikir neh..bisa ga ya m3 di unlock wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  6. im3 bb ku lancar jaya.. hihihi.. m3 mantebb..

    ReplyDelete
  7. Situs ini bisa kok diakses dari BB silahkan dicoba... :D

    ReplyDelete
  8. kalau mau pake 3 aja...
    lokasi rmh gue di depok perkampungannya....
    tu buat download aj bisa sampe 132kbps.....
    gila jg ngebutnya....kebetulan pake modem icon 7.2 s....
    mav saya cuma mw ksh info ajj..
    thx...

    ReplyDelete
  9. aku waktu pake im3 dengan hp Nokia 5800 xm yg sudah support HSDPA/3.5G, dan waktu konek ke internet tulisan 3G berubah menjadi 3.5G dan kecepatannya luar biasa, waktu aku check di connection manager, speednya bisa sampai sekitar 120 kilo byte per second.
    tapi karena tarif internet im3 membuat kantong kosong, jadinya aku pindah ke axis, di axis hanya ada koneksi internet 3G, tapi kecepatannya sudah lumayan bisa sampai 50 kilo byte per second
    mantap yah :D

    ReplyDelete
  10. Thanks for picking out the time to discuss this, I feel great about it and love studying more on this topic. It is extremely helpful for me. Thanks for such a valuable help again. Folder Lock For PERSONAL COMPUTER Kitkat - Don't Hang Around Searching, Study Specifically About PC Desktops Here how to encrypt a file burned to a cd

    ReplyDelete

 

Tentang Blog Ini

Blog ini adalah tempat untuk menyimpan apapun yang menarik, yang sempet terlihat oleh mata di internet.

Jangan lupa lihat tahun postingan karena bisa saja tips yang dikasih disini sudah ngga revelan.
Return to top of page Copyright © 2007 - 2012