Monday, December 19, 2011

Unlock Bootloader Warning Xperia X8

Tadi saya baru saja membaca di salah satu komunitas xperia x8 indonesia dan forum luar ada yg memperingatkan bahwa unlock bootloader untuk xperia x8 untuk produksi tahun tertentu hampir pasti beresiko hardbrick (hp mati total) dan ternyata benar kalau diamati rata2 hp x8 yang hardbrick itu keluaran terbaru.

Apa sih fungsinya unlock bootloader?

Untuk sementara ini setau saya dan yang pernah saya alami unlock bootloader berguna agar bisa install custom kernel karena beberapa rom terutama gingerbread memiliki performa maksimal apabila menggunakan custom kernel yang diperuntukkan untuk rom tersebut. Custom kernel juga memiliki kelebihan diantaranya wifi tether, swap memory, overclock, dll.

Warningnya (unlock bootloader) yang saya baca kurang lebih seperti ini:

Xperia x8 keluaran lama memiliki celah pada chipsetnya sehingga bisa unlock bootloader, sedangkan xperia x8 baru celah tersebut ditutup oleh QUALCOMM dan hampir dipastikan apabila unlock bootloader hp anda akan hardbrick (kecuali anda beruntung). Cara untuk mengetahui apakah x8 anda RELATIF aman untuk di unlock bootloader adalah buka casing hp, dan lihat tulisan dibawah baterai ada kode seperti ini xxWxx apabila:

11w26 ke atas (11w27, dan seterusnya) kemungkinan hardbrick semakin besar apalagi yang berkode 11w38. Kode ini artinya kode produksi tahun 2011 minggu ke 38. Kalau kodenya masih di bawah itu berarti relatif aman meskipun tidak menutup kemungkinan untuk hardbrick.

Hardbrick sangat susah diperbaiki dan bila rusak lebih baik dibawa ke SE center karena untuk hp keluaran baru hampir semua not responding mau di charge, colokin usb, dll ga mempan.

Apakah unlock bootloader sepadan dengan resiko yang dihadapi?

Kalau menurut saya pribadi lebih baik jangan unlock bootloader untuk x8 dengan kode di atas. Selain biaya perbaikan anda harus rela tanpa hp selama beberapa hari (kecuali hpnya banyak). Kalau ada dana lebih baik upgrade saja hpnya, kalau anda gamers cari hp yang diperuntukkan untuk ngegame, beberapa vendor android yang rajin upgrade osnya adalah htc, samsung, dan sony ericsson (saya ngga tau mengenai handset android cina karena blm pernah make).

Tanpa unlock bootloaderpun masih bisa install custom rom froyo dan beberapa custom rom gingerbread yang diperuntukkan untuk stock kernel.

Pengalaman:

Xperia saya kebetulan memiliki kode 11w06 yang menurut teman2 yang juga memiliki kode ini cukup aman untuk unlock bootloader. Kernel yang pernah saya gunakan adalah linuxdx, alfs, dan naa kernel sedangkan rom hanya mencoba gingerdx dan minicm7. Hampir semua rom dan kernel tersebut memiliki bugs terkadang restart pas browsing, hang pas main game, battere yang boros, hp menjadi panas, wifi error,  dsb meskipun hal ini jarang saya alami di rom custom froyo.

Beberapa pengalaman di atas saya baca di forum, sedangkan yg saya alami sendiri untuk rom gingerbread dengan custom kernel + rom adalah 3 yang pertama yaitu random restart, hang, dan boros baterai.

Itulah sekedar pendapat dan pengalaman saya, semoga bisa menjadi pertimbangan sebelum anda memutuskan unlock bootloader.

26 comments:

  1. oke om setelah ane baca post ente brarti dia atas 11w26 resiko HardBreak sangat besar dan HP SE XX8 bner sangat peka dalam costumisasi Kernel...

    Sory Ane Punya SE Xx8 dan kode nya 11w25 menurut ente dan sebelum mungkin ente pernah punya pengalaman dengan type hap 11w20 s/d 11w26 pernah mengalami masalah ndak pada saat cutom Kernel..

    cos Jujur ane newbie yang bener2 bergerak di bidang Java SE, Java EE, Java Mobile(Blackberry dan Android)..
    jadi ane mesti tau apa yang harus ane bisa ketahui tentang Hard dan Soft dari Android hp SE Xx8 itu sendiri..

    coz dari post ente berarti ente punya pengalaman lebih dan itu sangat membantu para Oprekers Android di indonesia buat menjadikan android teknologi yang Pasti nya berkembang sebagai teknologi Opensource..

    Thanks To
    http://beritaku.webkios.info

    Best Regard's
    Ichan android

    .:: Oprekers Android CP27 Team ::.
    Sony Ericcson Xperia X8 - GingerCruzt 8.1

    ReplyDelete
  2. @Ichan android: data 11w26 itu diambil berdasarkan statistik user report bukan hasil dari chip yg di test satu per satu.. Jadi ngga mutlak bahwa 11w26 pasti hardbrick (tp resikonya jauh lbh besar). Untuk hp anda (11w25), dari user report blm ada yg hardbrick tapi resiko itu tetap ada karena berdekatan. Untuk pengalaman saya belum pernah unlock diantara 11w20 - 11w25.

    Hard brick: hp ngga merespon sama sekali alias mati total dan hanya bisa diperbaiki oleh SE center (mungkin saja ada counter hp yg bisa perbaiki tp sy ngga tau dimana). Dan mengenai biaya service serta berapa lama saya juga kurang tau, tapi temen di luar negeri ada yg hardbrick lama perbaiki (karena masih garansi) sekitar 1 minggu.

    Soft brick/bootloop : hanya stuck di logo kernel (sony ericsson, naa, dst). Yg ini biasanya bisa diperbaiki dengan PC Companion for X8.

    Btw saya hanya suka otak atik (dulu) dan pengalaman saya masih sedikit kok hehehe.

    ReplyDelete
  3. gan,kalo hardbrick yg rusak tu hardware apa softwareny,,,,,,,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  4. Bisa salah satu atau keduanya... Klo sudah hardbrick mending cek ke SE center aja gan.

    ReplyDelete
  5. ane baru saja root,bootloader,kostum rom 2 hp x8 wal hasil mati semua tp yg beruntung satunya lg hp lama jd msh bs diperbaiki sdri utk satunya br 2bulanan beli jd mst ke SE.

    Jd agk takut buat oprek SE lg pdhl dl x8 ane bs diapaen ja n br kmrn dpt trobel lrn krgnya informasi yg ane dpt. Dan sekrg ane sdri pake SG Ace tyta optimalisasinya lbh mudah dan open

    ReplyDelete
  6. Mas Bro, aye punya X8 baseband 015 sdh di unlock bootloadernya dan sekarang pakai kernel 2.6.29.6-nAa-11, ROMnya LinuXperia v7, gingerbread 2.3.7

    Tapi anehnya, kok ada bugnya ya?! Sbb wi-finya nggak bisa digunakan alias error, trus setting internetnya juga masih nol alias belum tersetting. Tolong bantuannya Mas Bro, gimana nih enaknya...

    ReplyDelete
  7. @Wisanggeni Hehe sebagian besar custom rom emang ada bugsnya... Kalau ngerasa ngga nyaman dengan beberapa bugs, coba install custom rom froyo.. atau sekalian balik lagi ke eclair.

    ReplyDelete
  8. coba pake mini cm....ane pake minicm 7.2.0.7 fromNoBodyAtAll pake kernel aseli,,,mantep ga ada bugs
    ada modul overclock ama undervoltnya,,,,coba dah,mantep

    ReplyDelete
  9. ROM apa saja yang lancar buat X8 dgn kernel diatas gan? Yang semuanya berfungsi dengan normal gitu...

    ReplyDelete
  10. wasalam .. dech Xperia X 8 ane ,,,,, kena hard brick nich ... aduuuhhh ..... ane pake 11w48 .. crash pas abis unlock bootloader, padahal dah satu langkah lagi, pertama :
    root
    recovery (gagal)
    coba langsung loncat ke unlock bootloader .. gagal
    hape hard brick.. dech .. gak bs charge, gak bisa connect pake kabel, mati total.

    ReplyDelete
  11. @Wisanggeni:sekarang perkembangannya udah lumayan pesat sedangkan saya blom coba2 rom lagi... Jadi saya ga bisa kasih review. :)

    ReplyDelete
  12. Gan klo ngatasin soft brick gmna caranya? Hp ane X8 stuck di logo sony ericsson. Ane abis custom ROM jdi gingerbread. Mhon bantuannya.... Terima kasih.

    ReplyDelete
  13. @kiki:cukup di upgade pake pc companion atau restore lagi rom orinya.. klo bs upgrade harusnya bisa/paham cara restorenya..

    ReplyDelete
  14. Agan or mas bro klo punya sony xperia x8/w8 matot/rusak ane siap nampung dr pada jd sampah di rumah agan mending jual k ane,.
    08979200164 pin; 315cd2ae

    ReplyDelete
  15. Saya siiap tampung gan,.
    Kondisi apa pun,.
    Heheheheheheh

    ReplyDelete
  16. Gan , mo nanya dong ada gak stock room yang ics tapi gak harus proses unlock bootloadernya lg , jdi prosesnya sama kya upgrade ke gingerbread

    ReplyDelete
  17. gan punya ane 11W49 berhenti di tulisan sony experia itu knpa gan??

    ReplyDelete
  18. X8 saya masih Ori, baru coba di Root saja. Tapi masih bingung "mau dibawa kemana"(ke Froyo atau G.B) =D =D

    ReplyDelete
  19. X8 saya masih Ori, baru coba di Root saja. Tapi masih bingung "mau dibawa kemana"(ke Froyo atau G.B) =D =D

    ReplyDelete
  20. x8 ane 11w35 njir terlalu bresiko :'v

    ReplyDelete
  21. x8 ane 11w08 amankah di unlock :v

    ReplyDelete
  22. x8 ane 11w08 amankah di unlock :v

    ReplyDelete
  23. x8 ane 11w08 masih amankah di unlockloader

    ReplyDelete
  24. x8 ane 11w08 masih amankah di unlock

    ReplyDelete

 

Tentang Blog Ini

Blog ini adalah tempat untuk menyimpan apapun yang menarik, yang sempet terlihat oleh mata di internet.

Jangan lupa lihat tahun postingan karena bisa saja tips yang dikasih disini sudah ngga revelan.
Return to top of page Copyright © 2007 - 2012