Sunday, December 18, 2011

Cara Install Custom Rom (Froyo, Gingerbread) Ke Xperia X8

Note: resiko yang ada di artikel ini adalah bootloop (mentok pada logo sony ericsson), dan kehilangan data di hp. Segala resiko adalah tanggung jawab anda.

Kali ini adalah tutorial tentang cara install custom rom ke xperia x8. Seperti kita tahu Sony Ericsson hanya mensupport Xperia X8 sampai Android Éclair (2.1),  salah satu kekurangan android v2.1 ini adalah ruang penyimpanan instalasi app yang terbatas (hanya di main memory bukan di sd card) kalau anda menggunakan android éclair saya sarankan anda menggunakan app link2sd yang bisa didownload melalui android market.

Link2sd ini adalah aplikasi yang berguna untuk memindahkan aplikasi ke memory card sehingga memory internal handset tidak penuh dan ujung2nya dapet error “insufficient storage…”  sebelum install pastikan anda mempartisi sd card (micro sd, dll) ke format linux (ext2, ext3, ext4) dan anda tidak harus kehilangan data yang ada di sd card (gambar, file music, video, dll) bila melakukan partisi menggunakan Minitool Partition Wizard Home Edition (Gratis). Tutorial untuk partisi akan dibahas lain kali (kuncinya adalah move/resize dan create as : primary – jangan logical  - utk yg sudah biasa menggunakan aplikasi ini).

Untuk menggunakan link2d sebaiknya menggunakan memory card class 4 kalau bisa sekalian class 10 agar performa/kecepatan loading aplikasi bisa maksimal. Download Antutu Benchmark di android market, kemudian klik test.  Setelah selesai test akan ditampilkan score, untuk memory card class 2 write speed = 2 MB/s, class 4 = 4 MB/s dan seterusnya jadi itulah kira-kira class memory card anda.

Menggunakan android froyo keuntungannya adalah bisa install aplikasi yang kebanyakan requirementnya diperuntukkan untuk android froyo (2.2) ke atas dan  native app2sd (aplikasi bisa dipindahkan ke sd card – meski ada beberapa yg tidak bisa spt system, dst).

1. Hal yang dibutuhkan (wajib):

  • Baseband berakhiran xxx15
  • CWM atau Xrecovery utk masuk mode cwm/xrecovery ini, restart/reboot (matikan hp kemudian hidupkan), pada saat muncul logo sony ericsson tekan back berkali-kali sampai masuk menu).
    Navigasi: volume + dan volume –, tombol home (kotak di tengah utk memilih), tombol back untuk kembali.
  • Rom (versi android os) yang akan diinstall.

1a. Note: Untuk rom ada versi bermacam-macam:

  1. Ada yang berupa zip dan apabila dibuka di dalamnya terdapat folder system dan apabila dibuka lagi terdapat folder app, bin, dsb. Rom jenis ini biasanya diinstall menggunakan CWM.
  2. Ada yang berupa .zip atau .rar dan apabila dibuka didalamnya terdapat cache.img, data.img, nandroid.img, system.img. Rom jenis ini bisa diinstall menggunakan CMW atau Xrecovery.
  3. Lebih jelasnya silahkan baca requirement rom (untuk froyo sebagian besar hanya butuh hal di atas yaitu baseband dan cwm dan masih belum perlu untuk unlock bootloader dan custom kernel).

1b. Backup!

Kalau anda sudah memiliki/menginstall CWM atau Xrecovery sebaiknya backup dulu rom yang sekarang beserta data-datanya (pastikan sd card memiliki ruang lebih dari 200MB). Masuk ke mode recovery (lihat caranya di atas) kemudian pilih backup/restore dan pilih backup. Kalau anda memiliki Xrecovery maka backup ini bisa dilihat di folder xrecovery / backup / folder tgl dan tahun (misal 2011-11-10.08.35.16) pada sd card. Kalau CWM file backup ini akan disimpan di folder Clockworkmode / backup / (misal 2011-11-10.08.35.16). Kalau perlu copy folder tsb ke komputer.

1c. Tutorial install custom rom versi 1

  • Transfer rom yang akan diinstall ke sd card dalam bentuk zip (jangan dimasukkan ke folder apapun di sd card agar lebih mudah).
  • Masuk ke cwm recovery mode (lihat caranya di atas).
  • Pilih wipe data/factory reset (data yang ada di sd card tidak akan terhapus).
  • kembali lagi ke menu awal
  • Pilih install zip from sd card.
  • Pilih file zip yang tadi ditransfer
  • biarkan instalasi berjalan
  • Setelah instalasi pilih reboot system / reboot system now.

Selamat anda sudah berhasil menginstall custom android rom.

1d. Tutorial install custom rom versi 2.

  1. Copy rom yang akan diinstall ke:
    - xrecovery/backup/folder-rom (buat folder dan subfolder kalau belum ada)
    - cwm –> clockworkmode/backup/folder-rom
    Susunan folder persis seperti pada langkah 1b. Jangan transfer dalam bentuk zip anda extrack dulu di komputer menggunakan winzip, winrar atau 7zip dan transfer foldernya.
  2. Masuk ke mode recovery (lihat langkah 1)
  3. Pilih wipe data/factory reset (data yang ada di sd card tidak akan terhapus).
  4. Kembali ke menu awal
  5. Pilih backup/restore (backup and restore)
  6. Pilih restore
  7. Pilih folder rom
  8. Pilih restore
  9. Biarkan proses berjalan.
  10. Setelah instalasi pilih reboot system / reboot system now.

Anda baru saja menginstall custom rom untuk android.

Kalau ada masalah seperti bootloop (mentok di logo sony ericsson), atau anda tidak suka dan ingin kembali lagi ke rom éclair cukup lakukan langkah 1d dan tinggal pilih folder yang ada di 1b tadi (itulah gunanya BACKUP!).

No comments:

Post a Comment

 

Tentang Blog Ini

Blog ini adalah tempat untuk menyimpan apapun yang menarik, yang sempet terlihat oleh mata di internet.

Jangan lupa lihat tahun postingan karena bisa saja tips yang dikasih disini sudah ngga revelan.
Return to top of page Copyright © 2007 - 2012