Friday, May 28, 2010

Samsung Star Wifi Review Pribadi

samsung-star-wifi-Baru sehari saya megang samsung star wifi ini, tapi sekedar coba-coba memberikan review ala kadarnya bagi anda dengan harapan semoga postingan ini dapat bermanfaat sebelum anda memutuskan untuk membeli samsung star wifi ini dan seperti biasa, mungkin akan sedikit ngalor ngidul, maklum saya bukan penulis yg baik.


Mohon dicatat, ini adalah review pribadi jadi kemungkinan untuk bisa seobjektif mungkin pasti tidak akan bisa karena review ini juga berdasarkan selera saya.


Pengguna samsung star wifi ini sangat banyak, sepertinya produk samsung yang satu ini lumayan diminati masyarakat. Saat pertama membeli hp ini sebagai mantan pengguna samsung valencia saya sedikit tidaknya berharap semoga hp ini tidak banyak kekurangannya.


Spesifikasi Samsung Star



  • 2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 (Hanya support GPRS dan EDGE) belum 3G.

  • 104 x 53 x 11.9 mm

  • TFT resistive touchscreen, 256K colors

  • Ukuran layar 240 x 400 pixels, 3.0 inches
    - Accelerometer sensor
    - Handwriting recognition
    - Smart unlock

  • Video QVGA@15fps

  • Kamera 3.15 MP, 2048x1536 pixels

  • Memory internal 50Mb sedangkan memory external (MicroSD) support hingga 16Gb.

  • Stereo FM radio with RDS

  • Wi-Fi 802.11 b/g

  • File music yg bisa dimainkan MP3/WMA/AAC

Samsung Star S5233 wifi


Ok langsung saja ke review sebagai pengguna pemula samsung star wifi (firmware yg saya gunakan versi S5233WDXIH2).


Samsung star bentuknya tipis dengan ukuran 104 x 53 x 11,9mm dan kelihatan elegan dengan layar 262K warna WQVGA yang cukup lebar serta tersedia 3 tombol di bagian bawah. Tombol kanan (YES) untuk menelpon, tombol tengah berfungsi sebagai menu back, dan kiri tombol (NO) untuk mengakhiri panggilan atau untuk kembali ke desktop. LCD 16:9 nya mendukung keypad hyper QWERTY dan hp ini juga memiliki tampilan rotasi otomatis.


Seperti memiliki LCD TV mini bila digunakan untuk menonton film dan dengan layar yg lebar tulisan lebih mudah dibaca saat browsing.


Sebagian besar aplikasi di samsung star berbasis java seperti games dan aplikasi lainnya. Untuk theme dari samsung star hanya menyediakan 2 dan untuk mengubah/menambahkan theme anda harus mengganti firmware-nya (tidak direkomendasikan bagi orang awam karena resiko hp bisa mati total). Jadi theme di samsung star ini tidak bisa anda download/install/uninstall sesuka hati.


Suara speaker phone untuk memutar musik agak kecil, lebih baik gunakan headset aja karena suaranya lebih bagus di headset. Tidak tersedia equalizer yg berarti anda tidak bisa mengatur bass, middle dan treble sesuka hati. Hanya ada equalizer bawaan seperti rock, jazz, classic, dll serta sound efek dynamic, surround sound, dan wide. Sound efek tersebut hanya bisa dinikmati bila anda menggunakan headset.


Video rate 15fps dan hanya support 3Gp dan Mp4. Sedikit tips untuk anda, samsung star ini ngga support mp4 dengan rate lebih dari 30fps jadi pastikan saat anda convert video mpeg, avi, flv, dll ke mp4 jangan melebihi 30fps. Saya sudah mencobanya dan video anda tidak akan bisa dimainkan.


Untuk battery bisa saya katakan lumayan irit bahkan sangat irit, saya menggunakan samsung star ini untuk memutar music kurang lebih 3.5 jam di headset dan battery hanya berkurang 1 bar (fullnya 5 bar).


Kamera - untuk fitur kamera (3.2 megapixels), samsung star wifi tidak memiliki flash dan juga tidak ada fitur autofocus. Tetapi untuk night mode cukup dengan cahaya neon maka gambar yg dihasilkan sudah cukup terang. Overall kamera 3.2 megapixels yg dicolokkan ke hp ini sudah mumpuni untuk berfoto ria.


Kekurangannya adalah menurut saya di phonebook search yg tidak seperti hp lain, dimana agak bertele-tele dimana kita harus memencet formulir search, mengetikkan huruf awal, kemudian klik done. Dan juga kalau misalkan yg kita cari tidak ada di phonebook maka defaultnya yg tampil adalah entry yg berawalan huruf a bukan menampilkan bahwa entry not found.


Tidak ada equalizer - bagi saya yg penggemar music fitur ini sangat saya perlukan. Juga tidak ada fitur search music. Misalkan kita ingin memilih lagu yg dimainkan maka kita harus dengan sabar scrolling dan mencari-cari lagu tersebut. Kalau hanya berisi 10 - 20 lagu sih gpp, tetapi akan sedikit menyulitkan apabila ada 150-200 lagu. Tips... Sebaiknya anda membuat playlist untuk mengorganisir lagu2 anda sehingga lebih mudah dicari.


Untuk account social networking dan web 2.0 hp ini sudah dijejali my space, facebook, photobucket, picasa, youtube, flickr, dan friendster. Tidak support 3G/HSDPA, sebenarnya sih gpp toh kebanyakan daerah di Indonesia blm support 3G. Tetapi kekurangan ini sedikit tertutupi dengan adanya fitur wifi.


Overall dengan harga yang tidak terlalu mahal hp ini masih layak jd pilihan apalagi dengan tampilannya yg elegan dan layar yg lebar, sangat cocok untuk menonton film dan mendengarkan music dengan battery yg relatif irit dan segudang fitur social networking dan web 2.0. Serta fitur touchscreen yang mudah digunakan.






Klo punya koneksi agak ngebut silahkan klik play video di atas (sekitar 7 menit untuk melihat samsung star wifi review).

11 comments:

  1. sayang ya ga bisa customable thema ya, tpi lumayan nyaman pkex n nampak keren, trim bro, senang klo qt bisa sharing soal hp kita.

    ReplyDelete
  2. q rencana beli samsung star wifi ini.. tp kata2 teman ku yg uda pengalaman mengenai hp touchscreen disaranin untuk tidak membeli karena cepat eror lw yg touch itu....
    jadi bingung ni,...
    apakah benar cepet rusak n cpet eror hp touch itu?
    mohon bantuannya brow.. makasih

    ReplyDelete
  3. @Nofan:
    Kalau menurut saya sih tergantung pemakaian bro. Saya make beberapa hp touchscreen termasuk PDA jg ga ada tuh menemukan error pada touchscreen.

    ReplyDelete
  4. @budai : walaupun gak bsa ganti theme, tpi kita bsa menganti background menunya (bukan wallpaper...)
    @beritaku : btw, dah coba install aplikasi yg lebih dari 1M gak??? punyaku habis diinstall, gak bisa di buka..., Please bantuannya...

    ReplyDelete
  5. kalo samsung star wifi boros battery gak ? soalnya saya pake samsung GT B3410 boros banget battery. Thanks

    ReplyDelete
  6. saya bingung =_= kok samsung star saya gak ada progam buat wifi nya ya apa samsung star itu ada macem2 jenis?

    ReplyDelete
  7. gw mau nanya.HP gw Samsung star 5233 wifi,kalo nyimpan game ke kartu memori gimana ya?biasanya game yg didonlot otomatis masuk ke memori pembagi sehingga uda penuh dan gw ga mau hapus and pengen download lagi.trims...

    ReplyDelete
  8. touch screen nya terlalu sensitif ngga?

    ReplyDelete
  9. @Mey:iya, ada 2 jenis samsung star wifi dan yang biasa (non wifi)

    ReplyDelete
  10. @ria : saya pake samsung star non wifi,baterainya saya acungin jempol karena wktu saya liburan ke aceh,saya denger musik sampai 17 jam juga smsan dan OL kuat kok...

    @Cha : Utk touchscreennya sangat sensitif sekali tapi nyaman, smooth abiz dh pokok'a...

    @johncooper sumardi : bisa di atur di setting-memory settings-default memory-wap downloads lalu pilih memory card utk simpan d kartu memori eksternal

    ReplyDelete

 

Tentang Blog Ini

Blog ini adalah tempat untuk menyimpan apapun yang menarik, yang sempet terlihat oleh mata di internet.

Jangan lupa lihat tahun postingan karena bisa saja tips yang dikasih disini sudah ngga revelan.
Return to top of page Copyright © 2007 - 2012