Thursday, January 21, 2010

Uang Hilang Di Atm Dan Bagaimana Cara Menanggulanginya

anti-skimmerUang berjuta-juta hilang di atm secara misterius dan untunglah serta semoga hal itu ngga terjadi sama saya. Yah, saya ikutan jadi parno, maklum saya juga menaruh beberapa rupiah di rekening bank baik di rekening istri maupun rekening saya yang jumlahnya ngga seberapa itu.


Baru-baru ini (bahkan sampai hari ini) heboh di televisi, internet, radio, sampai kelurahan uang raib di ATM.


Gambar disebelah adalah atm yang berisi alat anti skimmer atau alat kloning kartu atm yang berisi data-data pribadi seperti pin, dll.


Saya juga menambahkan beberapa tips yang mungkin berguna bagi anda untuk meminimalisir terjadinya tindak kejahatan pencurian uang di mesin atm.


Dari beberapa informasi yang saya baca dan ingat mungkin tips berikut ini mampu mengurangi kesempatan penjahat untuk menguras uang anda.



  1. Jangan pernah memberi tahu pin atm, phone banking atau internet banking anda kepada siapapun.

  2. Pada saat mengambil uang di atm yg terbuka usahakan untuk menutupi pin yang anda pencet karena siapa tahu orang dibelakang anda bukanlah orang baik-baik, dan jangan lupa ambil kembali kartu atm anda.

  3. Untuk di atm tertutup, biasanya ada kamera cctv di setiap atm usahakan menutupi tangan anda saat memencet pin.

  4. Kalau yang ini kebiasaan saya yang ga pernah hilang yaitu sesaat setelah mengambil uang saya masukkan kembali kartu atm, menekan pin acak dan memencet cancel (gunanya seandainya ada alat skimmer di atm tersebut pin saya akan menjadi acak).

  5. Tips kelima ini masih "katanya" karena saya blm tahu pasti.. Yaitu usahakan mencari mesin atm yang di lobang kartunya berwarna hijau. [gambar ada di atas]

  6. Seandainya kartu anda macet di atm, jangan minta tolong pada seseorang yg tidak anda kenal, teleponlah pihak bank. Biasanya di tiap atm ada nomor yg bisa dihubungi, kalau masih tidak yakin telpon 108 atau kode area + 108 dan tanyakan nomor telpon cabang bank terdekat kepada operator.

Berikut ini tips untuk internet banking:



  1. Hati-hatilah bertransaksi internet banking di komputer publik semisal warnet.

  2. Jangan pernah melupakan log out baik itu untuk account apapun (internet banking, cek email, fs, fb. twitter, dll).

  3. Pasanglah antivirus original di komputer anda, usahakan jangan crack atau bajakan, plus sekalian beli yang satu paket dengan firewall dan update-lah secara berkala atau aktifkan sekalian auto update-nya.

  4. Sebelum membeli antivirus, cek dan ricek dulu antivirus terbaik dengan membaca beberapa review di internet atau majalah.

Tips ini tidak aman 100% (saya ngga yakin ada yg aman 100%) tapi paling tidak bisa meminimalisir tindak kejahatan pencurian terhadap uang di rekening anda apalagi itu hasil kerja keras anda.


Tips ini mungkin belum lengkap, kalau anda punya tips lain silahkan dilengkapi di formulir komentar di bawah.

7 comments:

  1. tips yang sangat mulia Mas. Terima kasih sekali. Saat ini dengan berita pembobolan itu kita akhirnya harus waspada.
    Salam hangat selalu :)

    ReplyDelete
  2. Salam hangat juga mas, tips ini masih belum lengkap mungkin ada rekan lain yg mau ikut menambahkan. Sebenarnya ini bukan berita baru lagi.... ini sudah terjadi sejak beberapa tahun yg lalu kok cuma baru heboh sekarang.
    .-= beritaku´s last blog ..Pengalaman menggunakan linux ubuntu 9.10 =-.

    ReplyDelete
  3. semoga pihak bank segera memperbaiki keamanan mesin atm..
    kita memang harus waspada..
    salam

    ReplyDelete
  4. Bener mas, semoga keamanan dana nasabah jg dijadikan prioritas.. Apalagi sudah dihimbau BI tuk mengganti ke kartu berbasis chip.
    .-= Beritaku´s last blog ..Pengalaman menggunakan linux ubuntu 9.10 =-.

    ReplyDelete
  5. Wah bagus mas tipnya, harus banyak yang tahu tuh, saya post di websaya ya.. makasih
    .-= Warih´s last blog ..Google Mencerdaskan Kehidupan Bangsa =-.

    ReplyDelete
  6. menarik sekali mas peringatannya. Kadang kalo terburu kita suka mengabaikan keamanan ini, gilirannya kena resiko baru deh kelabakan.
    Trims, patut saya ingat-ingat ni MAs.
    Maaf baru berkunjung yah, 3 hari saya off kemarin.
    Salam hangat selalu :)

    ReplyDelete

 

Tentang Blog Ini

Blog ini adalah tempat untuk menyimpan apapun yang menarik, yang sempet terlihat oleh mata di internet.

Jangan lupa lihat tahun postingan karena bisa saja tips yang dikasih disini sudah ngga revelan.
Return to top of page Copyright © 2007 - 2012