Wednesday, November 11, 2009

Plugin WP Super Cache Kadang Membuat Blog Jadi Error

cachespeedDalam setiap blog yang saya buat plugin WP superCache ini hampir selalu ada di dalam folder plugin-nya (yah paling minim wp cache-lah). Maklumlah rasanya saya belum butuh vps server atau dedicated server.

Jadi mending saya optimize aja apa yang ada mumpung sudah disediakan toolsnya oleh para ahli di luar sana. Bagi yang awam atau belum tahu apa sih wp supercache ini?

Wp supercache ini adalah salah satu plugin untuk blog yang berbasis wordpress tetapi bukan yang di wordpress.com loh, plugin wp supercache ini hanya bisa diinstall untuk self hosted blog atau blog yang kita hosting sendiri (seperti website inilah contohnya).

Terus fungsinya apa nih? Fungsinya ya untuk meng-cache blog kita. Blog wordpress terkenal sangat banyak memakan resources cpu server apalagi bila diisi dengan berbagai macam plugin.



Setiap orang yang mengunjungi blog kita (apalagi sampe ribuan sehari) kinerja server lumayan berat buat mengeksekusi script-script php yang ada di dalamnya termasuk request ke database tentang apa yang akan ditampilkan ke pengunjung, termasuk juga apa yg ada di sidebar seperti latest comment, lastest post, dll itu juga dieksekusi oleh server.

Nah wp supercache ini akan membantu meringankan kinerja server dengan melakukan cache sehingga saat orang mengunjungi blog kita, maka yang dipersembahkan kepada pengunjung adalah sebuah static html biasa sehingga server tidak perlu lagi menghandle script php-nya wordpress jadi otomatis beban server jadi berkurang.

Nah yang seringkali jadi masalah adalah saat cache sudah banyak dan lupa dihapus, tampilan blog jadi error dan acak-adut ga karu2an atau terkadang tampil cuma setengah. Entah ini terjadi juga pada orang lain atau hanya saya itu juga kurang tahu sih.. Jadi klo ada yang mengalami masalah seperti saya, mungkin bisa login ke blognya sekali-sekali dan hapus manual expired cache.

Karena terkadang option "delete cache when page published" tidak bekerja baik atau expired cache bisa diset lebih panjang misalnya expired tiap 6 jam atau 24 jam untuk yg blognya rame pengunjung.

Ini juga jadi salah satu siasat untuk yg hosting wordpress blog di shared hosting seharga cuma beberapa $ sebulan tapi ingin memaksimalkan penggunaannya. Lumayan kan untuk penghematan.. :D yang punya server juga senang karena kita ngga terlalu membebani server mereka.

Wp SuperCache bisa didownload disini
saran : untuk instalasi wp supercache di wordpress versi lama (dibawah 2.6) sedikit agak ribet jadi mending install aja wp yg versi 2.8 ke atas. Beberapa hari yg lalu saya install di versi terbaru sangat simple beda dengan waktu dulu masih jaman wp jadul.

5 comments:

  1. udah coba pake plugin db cache reloaded? dari hasil testku kelihatannya dia lebih bagus dari wp super cache.

    ReplyDelete
  2. ntar ta' coba deh mas bikin dummy blog pake plugin itu.. thanks ya atas infonya

    ReplyDelete
  3. terima kasih infonya, kebetulan saya lagi butuh yang ginian gara-gara blog disuspend

    ReplyDelete
  4. ada yang lainnya gak pluginnya????

    ReplyDelete
  5. Ada Kang, namanya w3 total cache ini plugin meng-cache page dan database.. Loading blog jd lebih kenceng.

    ReplyDelete

 

Tentang Blog Ini

Blog ini adalah tempat untuk menyimpan apapun yang menarik, yang sempet terlihat oleh mata di internet.

Jangan lupa lihat tahun postingan karena bisa saja tips yang dikasih disini sudah ngga revelan.
Return to top of page Copyright © 2007 - 2012