Tuesday, July 27, 2010

Pengguna Smart Kenapa Speed Saya Kok Lambat dan Lelet?

Hehehe itulah yg paling sering saya keluhkan dari pengguna isp smart. Meskipun bukan hanya smart sih tapi hampir semua isp yg saya bahas di blog ini. Tapi kali ini saya akan membahas sedikit tentang smart dan juga mungkin agak bergossip ria sedikit.

Smart saat pertama kali muncul dengan Evdo Rev B-nya memang menawarkan speed yg sangat memuaskan dan juga sangat bersaing karena mampu memberikan layanan yg baik dengan harga yg termasuk murah untuk di negeri tercinta yg internetnya masih mahal ini.

Kalau anda adalah pengguna hp smart yg tanpa evdo maka speed yg anda dapatkan pastilah jauh dari speed evdo yaitu mentok hanya di 153kbps dan janganlah terlalu percaya kepada speedtest.net kalau ingin tahu kecepatan anda sesungguhnya cobalah download suatu file dari server dan lihat speednya karena itulah yg selama ini menurut saya paling jujur.

Kini sepertinya pengguna smart sudah membludak, jaringan mulai padat dan sering maintenance serta belakangan ini berhembus gossip pembatasan speed (saya tekankan sekali lagi GOSSIP) karena blm ada penjelasan resmi dari pihak smart.

Dari informasi oleh rekan2 yg saya dapatkan, berikut ini adalah ip yang diberikan oleh smart tergantung paket yg digunakan oleh user.

West Area (Jawa Barat, Jabodetabek, Sumatera):
Blackberry : 10.134.X.X
Paket Reguler : 10.10.X.X
Paket Silver / Platinum : 10.11.X.X
kalo Ultimate dapetnya 202.70.48.X sampai 202.70.50.X

East Area (Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogya, Bali, Lombok, Sulawesi):
Blackberry : 10.135.X.X
Paket Reguler : 10.12.X.X
Paket Silver / Platinum : 10.13.X.X
kalo Ultimate dapetnya 202.70.56.X sampai 202.70.57.X

Bagaimana caranya melihat ip address anda bila anda adalah pengguna smart?

Bagi pengguna windows cukup buka start menu --> klik RUN --> ketik cmd [tekan enter] --> dan masukkan perintah ini --> ipconfig /all maka akan kelihatan salah satu dari ip di atas.

Kembali lagi ke gossip (hehehe) terbaru smart dan keluhan2 user yg saya baca di internet, saat ini smart melakukan pemblokiran bandwidth terhadap user yg menggunakan terlalu banyak bandwidth. Pemblokiran yg dilakukan adalah mengubah paket user menjadi reguler (limited di 153kbps).

Bagaimana caranya ada tahu telah dilimit? Silahkan lihat tabel ip reguler di atas dan lakukan pengecekan ip. Kalau ip yg muncul adalah ip reguler sedangkan anda menggunakan paket platinum/silver maka kemungkinan anda diblokir sementara (denger2 katanya 7 hari) sebelum paket anda balik ke semula lagi.

Dan satu lagi, sinyal smart ini sangat sensitif sekali hanya dengan menggeser/membelokkan/memindahkan posisi modem meskipun hanya 1 atau 2 cm bisa mengubah sinyal modem anda dengan drastis (maksudnya bisa drastis jelek atau bisa drastis menjadi lebih baik). Dan ini juga bisa mempengaruhi speed yg anda dapatkan.

Cukup segini dulu bergossip rianya (jadinya bergossip karena blm ada penjelasan resmi) dari pihak smart. Apakah anda pernah mengalami "nyangkut" di paket reguler padahal anda menggunakan paket lain? Silahkan sharing di kolom komentar.

17 comments:

  1. saya pengguna paket silver selama setahun, dan IP saya berubah menjadi IP reguler @_@ selama 5 hari ini tanpa ada pemberitauan sama sekali....

    kemarin malam teman saya ada yg baru saja membeli modem smart evdo zte, dan menurut laporannya dia hanya berkutat pada speed reguler...

    dapat saya ambil kesimpulan, ISP sedang cacat saat ini, karena tidak ada pembatasan bandwith setahu saya.....smoga pihak smart bisa follow up masalah ini..

    ReplyDelete
  2. yup, emang betul bebrapa nomor smart di batesin, tapinya sampe skr blum kembali ke speed semula
    :(
    payah jg nih lama2 gara2 promosi yg baru2 terus tapi jangkauan smart / tidak nambah kapasitas bandwidth
    cepat di perbaiki aja beli antene baru ato apa gt, pelanggan banyak tapi kuramg menara jg jadi lambat

    ReplyDelete
  3. wah bener lemot banget, meskipun 153 Kbps namun kecepatan tertinggi yang saya dapat hanya 2Kbps.
    itu pun sudah saya percepat pake firefox+add onnya, tuneling, tweak bandwith dll.
    kalo engga gitu, kecepatan speednya cuma 693bps

    ReplyDelete
  4. Aduh,,saya sangat kecewa....saya baru saja mengisi paket platinum seminggu yang lalu, lalu tiba tiba drop menjadi paket reguler...

    tanpa ada pemberitahuan dari pihak smart.....
    semoga seminggu limited cepat berlalu ;'(

    ReplyDelete
  5. Bukan gosip memang diblokir karena terlalu banyak, saya sudah di blokir 3 hari ke paket reguler. pake helem di pantat tuh iklannya jangan di kepala.

    ReplyDelete
  6. Sayangnya ternyata fair use policy sudah dijalankan, dan menurut informasi dari kenalan saya di SMART, reset kecepatan akan dilakukan di akhir masa berlaku paket, rugi banget ya, apa kita boikot aja si SMART ? menurut kenalan saya, langkah ini dilakukan supaya pemakai yang lain dapat menikmati layanan yang sama secara merata, tapi kalau tidak pemberitahuan lebih dahulu untuk pemberlakuan SMART fair use policy kesannya menjadi seperti penipuan ya, kacau banget deh

    ReplyDelete
  7. Smart Sekarang jadi superlimited boong

    ReplyDelete
  8. untung ga jadi beli modem SMART.. klo ga FAIr.ya ttp ga FAir..ga ada tuh Fair use policy... konsumen kan berhak tau..jgn diem2 ja..di  Indonesia ini, konsumen selalu dirugikan..Iklan yg ga sesuai kenyataan mustinya ikut diblokir jg donk, smp pemasang iklan nya memenuhi isi iklannya..kyk kampanye aja, ngomongnya gede, pas jadi penguasa eh lupa dehh..:D
    thx all infonya..

    ReplyDelete
  9. Tanggal 12 september saya membeli paket ultimet dan biasanya saya mendapatkan IP publik 202.70 tapi sudah seminggu ini saya hanya mendapatkan ip reguler dengan 10.10 boro-boro buat download buat browsing aja lemot minta ampun. sudah mencoba telepon ke pihak smart tapi biasa dengan alasan gangguan dan meminta maaf atas ketidak nyamanan. padahal koneksi internet ini saya gunakan untuk kerja dan kalo begini jadi terganggu.

    ReplyDelete
  10. emang lelet bro, duh jadi bikin kesel aja

    ReplyDelete
  11. gw pagi ini baru beli paket silver 1bulan
    dan tebak? langsung dapet kecepatan dan ip reguler
    bener2 idiot nih smart!!!!

    ReplyDelete
  12. buat temen2 yg pake smart evdo tp down speed....
    coba buka task manager...svchost.exe yg network service di end process-kan (baku bgt ye..)
    trus biarin comp. restart dan jgn cabut modemnya....
    setelah kembali ke window coba di re-connect.....

    smoga berhasil...it works on me

    ReplyDelete
  13. Saya pengguna smart,.,.,dari hasil yg saya dapatkan selama setahun lebih blom pernah kena reguler untuk modem axesstel,tapi modem yg baru saya beli dari smart merk ZTE2726 slalu atau pasti kena paket yg regular padahal paket yg di pake untuk modem zte itu paket ultimate,,,,,hasil dan hasilnya permasalahannya itu ada pada kartu atau nomor yg dipakai.
    percuma bila ada yg ingin coba gonta ganti dns,,,hasilnya pasti nihil juga....
    hal ini dikarenakkan banyaknya pengguna smart,makanya pihak dari smart membataskan bandwith mereka agar tidak selalu mainten BTS.
    Yg saya sarankan bila anda ingin memakai kecepatan diatas reguler cari nomor dari modem axesstel,.,.,(bila ada).

    ReplyDelete
  14. iya kk, sy jg sama!
    kirain gratisnya kecepatan platinum, ternyata reguler T_T.
    klo mw ganti paket musti nunggu masa gratis itu hbs ya?
    mksh...

    ReplyDelete
  15. Q Pake Fren Lumayan Maknyus lho 50 Unl
    Bsa Down Ampe 70 Kb Upl 13 Kb


    Koneksi Internet Dengan Modem CDMA

    ReplyDelete
  16. IP saya 114.79. sekian-sekian ........ paket bundled platinum, tapi dapetnya cuman silper ........ card Smart saya yg satunya lagi, di-register silper bulanan, dapetnya sama dgn yg bundled itu ......
    ngga guna langganan yg di atas silper ....... mending ambil silper bulanan aja, 75 ribu dapet 300-500 kbps, udah paling murah utk benwit segitu ....

    ReplyDelete
  17. Pengguna SMAAAR tanah tinggi jakpusDecember 3, 2011 at 6:33 PM

    Seharusnya SMART ganti nama aja jadi SEMAAAR.....
    Gw di daerah tanah tinggi jakarta pusat.
    2 bulan lalu gw pake masih oke lah, tapi 1 bulan belakangan ini sangat mengecewakan. Kadang sinyal tiba-tiba putus mendadak saat download padahal sinyal full saat itu. Yang paling sakit hati kalo lagi download suka putus di tengah jalan karena sinyal putus tiba-tiba.
    Sekarang lebih parah lagi. Buka yahoo aja mesti reload/refresh beberapa kali. Yg gw hitung bisa sampe 5x refresh per page. Tampilannya LOADING......... jadi LEMOTIIIING..............
    Kalo memang terjadi pembatasan bandwith secara sepihak, berarti pihak smart sudah melanggar janjinya sendiri. paket unlimited ya mesti unlimited. Jangan membohongi publik. Paraahh.. . . . . .

    ReplyDelete

 

Tentang Blog Ini

Blog ini adalah tempat untuk menyimpan apapun yang menarik, yang sempet terlihat oleh mata di internet.

Jangan lupa lihat tahun postingan karena bisa saja tips yang dikasih disini sudah ngga revelan.
Return to top of page Copyright © 2007 - 2012