Sunday, February 28, 2010

Hacking Password Facebook, Yahoo, Gmail, FS, Paypal, Dll

Saya orang yang tidak ahli dengan dunia per"hack"ingan dan belum pernah melakukannya tetapi sejauh yang saya tahu para pengguna internet kebanyakan teledor atau istilah apa yg digunakan untuk menyebutnya bukan cuma orang Indonesia orang luar negeri juga hampir sama.


Ada juga yang baru belajar hacking atau iseng mau hacking password facebook orang malah passwordnya dia yang kena hack. Saya juga pernah berkunjung ke beberapa website hacking maksudnya bukan untuk belajar hack password orang lain tetapi hanya untuk lebih berhati-hati dengan password yang saya miliki.


Dengan mengetahui metode hacking yang digunakan sedikit tidaknya saya sudah berusaha mengamankan diri saya dari password hacking baik itu facebook, friendster, yahoo, gmail, bahkan paypal (aduh serem - amit2 jangan sampe deh.. Duitnya pas2an jangankan $100, $10 aja ngga ada ).


Beberapa cara hacking yang saya pernah baca (ini hanya berdasarkan ingatan aja karena saya ngga berkecimpung di dunia hacking) adalah menggunakan metode brute force, phising dan spyware/trojan.


Metode brute force - metode ini adalah menebak menggunakan software khusus yg akan mengkombinasikan password kita menggunakan kamus, atau kata2 yg ada di kamus, atau kata2 yang biasanya umum.


Tips : gunakan password yang panjang, terdiri dari angka dan kalau bisa special character misalnya v4l3nt1n01d0l4ku<$$> password jenis ini akan susah sekali untuk ditebak. Dan pisahkan password email dan account facebook anda. Sehingga kalau salah satunya kena hack yg satunya masih ada kesempatan untuk selamat sehingga anda ada bukti untuk claim kembali account anda.


Metode phising - nah cara ini biasanya yg banyak dilakukan hacker karena banyak orang ngga sadar sudah memasukkan password dan user id nya di website yang salah!


Misalnya facebook alamat aslinya adalah www.FACEBOOK.com maka hacker akan membuat website yang sama persis tampilannya dengan facebook.com dan disebarkan dengan iming2 chip poker gratis, dll dan korbannya disuruh memasukkan password di website palsu tersebut. Dan saat password dimasukkan ke web palsu tersebut maka aplikasi khusus sudah memasukkan password dan username ke database si hacker.


Dan tanpa bersusah payah kini si hacker sudah memiliki akses password dan username ke account seseorang.


Untuk menghindarinya pastikan anda melihat alamat website (tampilan bisa menipu tapi alamat tidak mungkin) sebelum anda memasukkan password pada sembarang situs.


Dan itulah alasannya kenapa saya menyuruh para user yang mengupdate status facebooknya melalui kompor gas untuk login terlebih dahulu ke facebook.com lihat postnya disini [new window] agar mereka tahu bahwa ini bukan phising karena setelah login di facebook otomatis accountnya akan tersambung dengan widget yg ada disini.


Sekali lagi untuk menghindari cara phising ini pastikan anda melihat alamat webnya dengan benar sebelum anda memasukkan password anda. Kalau facebook = facebook.com kalau yahoo = yahoo.com dan paypal = paypal.com


Cara ketiga yaitu melalui software : biasanya yg kena adalah orang2 yg sering mencari program2 bajakan karena program bajakan biasanya sudah disusupi celah untuk mencuri password.


Bahkan ada loh software yg khusus mencuri password yg tersimpan di browser mozilla firefox dan tidak terdeteksi oleh antivirus apapun. Jadi kalau anda adalah orang yang suka menyimpan password di browser mozilla firefox sebaiknya lebih berhati2 atas program2 yg anda download.


Ada juga keylogger yang sudah umum sekali digunakan (paling banyak digunakan di warnet setahu saya - dipasang oleh orang jail). Software ini gunanya untuk mencatat apa saja yg anda pencet di keyboard tapi kebanyakan terdetect sama antivirus.


Selama ini saya mengetahui ada 2 hacker yaitu hacker (juga carder) yang tidak akan melakukan apa2 pada account seseorang begitu dia tahu ini punya orang Indo. Dan ada satu lagi hacker yang sering disebut dengan istilah pemakan bangsa sendiri.


Lalu bagaimana caranya mengembalikan account yg sudah dihack atau kecolongan? Seperti yg saya katakan di atas, saya bukan hacker jadi saya tidak tahu bagaimana caranya mengembalikan account yg sudah dihack.

9 comments:

  1. Software hack facebook baru ni 2010 lumayan buat iseng iseng

    _http://www.4shared.com/file/233080232/b3a338a8/facebook_hack_V_102.html

    ReplyDelete
  2. menarik sekali infonya Mas. Paling tidak harus selalu waspada bagi kita yang sedikit banyak hidup di dunia internet dan menggunakan beragam fasilitas itu.
    beberapa hal saya ingin mengenalnya juga. Trims atas infonya.
    Salam :)

    ReplyDelete
  3. Sama-sama mas, kalau untuk security beberapa website seperti paypal dan facebook, gmail,amazon sangat susah sekali untuk dihack jadi menurut saya sangat aman. Yg jadi masalah biasanya adalah keteledoran user seperti kita ini.

    Karena seperti kita tahu windows itu sistim operasi yg paling banyak celahnya.

    ReplyDelete
  4. waw.. nice tutornya..
    visit back ya

    ReplyDelete
  5. thank banget gan,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    info nya

    ReplyDelete
  6. @dewa mabuk : software geblek :-)

    ReplyDelete
  7. ah sama aje lu dengan komentar lu diatas hahaha , :-) suck lah :D ngehek lu :D war nyok :D

    ReplyDelete
  8. Sangat bermanfaat, kebetulan sy baru kehilangan akun gmail (email yg saya pake u komen disini), yahoo, lalu paypal. Email kena, maka semua dia bisa ambil.
    Saran sy u yg blm kena hack, jangan pake email master, password master. Jaga emailnya, coz email biasanya jadi gerbang semua account.
    Hilang sudah dollar sy di paypal .. hhuuff..

    ReplyDelete
  9. Oke, dcoba pzt ^^

    ReplyDelete

 

Tentang Blog Ini

Blog ini adalah tempat untuk menyimpan apapun yang menarik, yang sempet terlihat oleh mata di internet.

Jangan lupa lihat tahun postingan karena bisa saja tips yang dikasih disini sudah ngga revelan.
Return to top of page Copyright © 2007 - 2012