Friday, June 13, 2008

BMW yang bisa berubah bentuk

bmwgina

bmwgina_2bmwgina_3bmwgina_4bmwgina_5lampu_belakang_bmwlampu_bmw(klik fotonya tuk memperbesar)



Walaupun baru saja beli mobil keluaran akhir, tidak berapa lama kemudian sudah merasa bosan dengan bentuknya yang tidak pernah berubah.

Jangan kuaitr, kalau anda adalah tipe pembosan tetapi tidak mau keluar uang untuk ganti-ganti model mobil maka BMW GINA akan jadi pilihan utama.

BMW GINA (Geometry and Function In N Adaptations) adalah mobil keluaran BWM (belum dijual sih) yang dapat berubah bentuk hanya dengan menekan tombol tertentu. Hal ini bisa dilakukan karena untuk bagian luar mobil ini menggunakan bahan elatis (resilient).

Susah dijelaskan bagaimana BMW GINA berubah bentuk,kalau mau lihat langsung juga bisa sih, silahkan pergi ke musium BMW yang ada di Munich.

Selain dari bahan yang terbuat dari besi baja, alumunium ataupun serat karbon, GINA juga memiliki bodi dari kain yang ditarik diatas kerangka besi yang dapat bergarak yang memungkinkan sang pengemudi untuk merubah bentuk mobilnya. Mobil ini sebenarnya dapat berjalan dan dikemudikan, mobil dengan style disain yang selangkah di depan ini hanya diperuntukan bagi BMW Museum di Munich, Jerman dan tidak aka diproduksi lagi, tetapi produksi tersebut bukan hal penting.

Chris Bangle, Pimpinan dari group disain BMW dan timnya lah yang membuat GINA ini, dalam proyek yang bernama "Geometry and Functions In 'N' Adaptions"; sekitar enam tahun yang lalu, tetapi pihak BMW tidak mempublikasikannya.

GINA ini dibangun pada sasis Z8 dan memiliki mesin 4.4 liter V8 dan transmisi 6-kecepatan otomatis. Bahan selubungnya bernama POLYURETHANE-COATED LYCRA yang fleksibel, elastis dan tahan air. Selubung tersebut ditarik dan dimelarkan menutupi frame alumunium yang dikendalikan dengan listrik dan hydraulic actuators, yang memungkinkan pemiliknya merubah bentuk mobilnya.

Anda ingin memiliki Spoiler besar di belakang? Fender yang lebih lebar? Gak masalah bos..."Sebuah terobosan drastis dengan pengoperasian dan struktur yang familiar, membuat si pengemudinya benar-benar memiliki pengalaman baru ketika ia mengendalikan mobilnya," ujar pihak BMW.

Gina memiliki empat panel : kap depan, dua sisi dan di dek belakang. Pintunya dibuka dengan model Jack-knife dan sangat smooth (alus) ketika ditutup; akses ke mesin melalui lubang dari kap yang dapat dibuka tengahnya. BMW mengatakan bahwa bentuk mobil dapat dirubah tanpa merusak kain selubungnya. Kainnya solid semi transparan, sehingga lampu belakan dapat tembus sinarnya dan dengan motor penggerak kecilnya dapat memunculkan lampu depan yang tadinya tersembunyi.

Untuk interior juga sama inovatifnya. Stir kendali dan spidometer dapat disesuaikan dan headrest (penyangga kepala) muncul dari dalam kursi begitu si pengemudi mendudukinya, sehingga mudah untuk masuk atau keluar dari mobil.

1 comment:

 

Tentang Blog Ini

Blog ini adalah tempat untuk menyimpan apapun yang menarik, yang sempet terlihat oleh mata di internet.

Jangan lupa lihat tahun postingan karena bisa saja tips yang dikasih disini sudah ngga revelan.
Return to top of page Copyright © 2007 - 2012