Motogp season 2012 akan segera dimulai, mau ngga mau saya harus mengintip beberapa berita terbaru tentang salah satu acara balap motor kesukaan saya ini biar ngga ketinggalan amat, dan kalaupun ketinggalan berita minimal ngga terlalu jauhlah...
Di 2012 ini adalah musim perdana CRT akan ikut balapan, lalu CRT ini apa? Sedikit saja, CRT adalah singkatan dari Claiming Rule Team dimana team ini dijalankan bukan oleh pabrikan tapi private team dan untuk masuk ke kategori CRT ini diklasifikasikan oleh Dorna melalui beberapa aturan. Antara team CRT ini diijinkan untuk membeli atau “mengklaim” mesin team CRT lain dengan biaya 20.000 euro atau 15.000 euro tanpa girbox.
Kenapa ada tim CRT?
Alasan pertama adalah mewabahnya krisis ekonomi di eropa, dan Gresini Honda, Tech3 Yamaha, LCR Honda, Pramac Ducati, Aspar Ducati dan Cardion AB Ducati bahkan ngga mampu untuk “menyewa” motor mereka dari pabrikan dan harus disokong oleh Dorna demi untuk menyelamatkan acara motogp ini. Tanpa kehadiran CRT maka kontestan MotoGP tahun ini hanya 12 dan kini dengan hadirnya CRT peserta menjadi bertambah antara 20 – 22 peserta.
Sedikit sejarah MotoGP dan MSMA dan CRT
Beberapa tahun belakangan MotoGP bersusah payah untuk menambah jumlah peserta di grid karena terlalu tingginya biaya. Ini bermula saat meninggalnya Daijiro Kato pada tahun 2003, saat itu MotoGP menggunakan mesin 990cc 4 tak dan ini dirasa terlalu cepat, jadi diusulkan untuk penurunan kapasitas oleh para pabrikan. Dorna mengusulkan 900cc dan di saat-saat terakhir MSMA (Asosiasi Pabrikan - Motorcycle Sports Manufacturers' Association) yg diketuai Honda mengubahnya menjadi 800cc. Pada saat itu segala aturan yang berkaitan dengan aspek teknikal dikuasai oleh MSMA.
Akhirnya saat dibentuk IRTA [International Racing Teams Association] para sponsor mulai kehilangan minat dan banyak tim yg akhirnya menarik diri dari motoGP dan bisa anda lihat sekarang di 2012 andaikata tanpa CRT maka hanya ada 12 pembalap di grid belum lagi kalau ada yang cidera dan absen. Kawasaki, Aprillia, Suzuki keluar sementara KTM dan BMW bahkan ngga tertarik masuk ke motogp karena alasan biaya yang terlalu besar dan jangan lupa Yamaha juga tidak memiliki sponsor utama sepeninggal Rossi sponsor utama spt Repsol – Honda atau Marlboro - Ducati.
Di tahun ini akhirnya pihak Promotor motogp – Dorna – mulai bertindak dan sedikit demi sedikit mulai memblokir kewenangan MSMA dalam pengambilan keputusan. Carmelo Ezpeleta petinggi Dorna memiliki pendapat bahwa panggung motogp dibangun untuk balapan dan untuk hiburan, bukan seperti sekarang dimana motogp menjadi ajang adu teknologi dengan budget tak terbatas bahkan dia juga mengatakan, “saya siap dengan resiko terburuk andaikata para pabrikan meninggalkan motogp.” [sumber]
Dengan kata lain, Dorna ingin mengembalikan motogp dimana tim2 kecil juga memiliki kans memenangkan kejuaraan, 3 – 4 pembalap saling salip menyalip sampai garis finish dan yang terpenting untuk membuat biaya di motogp menjadi lebih murah agar team2 kecil bisa masuk. Sebagai perbandingan Team Aspar kini memilih menjadi CRT dimana mereka bisa memiliki 2 motor CRT dengan harga yang sama untuk menyewa 1 motor Ducati dan masih ada sisa dana untuk menyewa Randy De Puniet dan Alex Espargaro.
CRT ini mirip seperti Moto2 dimana di awal2 kemunculannya mendapat kritikan sangat tajam dan kini moto2 bahkan menjadi salah satu ajang yang paling ditunggu dan menuai kesuksesan.
Lalu bagaimana pendapat para pembalap motogp saat ini mengenai CRT? Valentino Rossi mengatakan dia bahkan rela mengendarai CRT andaikata motogp ke depan CRT semua, setali tiga uang dengan Jorge Lorenzo [dia bilang, “saya akan terus membalap karena CRT lebih pelan dan lebih aman”] begitu juga dengan pembalap lain kecuali Casey Stoner yang katanya lebih memilih pensiun andai disuruh mengendarai CRT [sumber].
Pembatasan RPM dan Single ECU
Dorna berencana untuk mengenalkan aturan baru yaitu pembatasan RPM dan Spec ECU [satu jenis ecu untuk semua motor] untuk musim 2013 yang saat ini masih dipelajari dan lolos atau tidaknya akan diumumkan sekitar bulan mei 2012 ini. Pembatasan RPM dan Single Ecu diperkenalkan untuk mendukung CRT agar jaraknya ngga terlalu jauh dengan pabrikan yang memiliki budget lebih besar.
Berikut ini negosiasi MSMA dengan Dorna
1. Tak ada re-design untuk musim 2013 kalau mereka harus mendesain ulang mesin dan semuanya maka pabrikan akan keluar terutama Honda.
2. Pengembangan ga boleh mandeg seperti di F1 dimana pabrikan harus menggunakan spesifikasi mesin yang sama persis untuk beberapa tahun ke depan. – Pabrikan juga akan keluar terutama Yamaha.
3. Yang ketiga ini Rev Limit dan Single Ecu masih dibahas dan sepertinya para pabrikan ngga banyak mengancam yang kemungkinan besar akan lolos dan diterapkan untuk 2013.
Yang paling manut dari ketiga pabrikan MSMA ini mungkin adalah Ducati karena belum ada ancaman mereka akan out dari motogp jika ada aturan ini itu.
Prediksi Motogp di 2012
Saya sempat bertanya pada beberapa wartawan bahwa tahun ini kemungkinan jarak antar pembalap lebih dekat dibandingkan tahun lalu karena 1000cc mudah sliding sehingga ban lebih cepat habis.
Apakah benar seperti itu? Mari kita saksikan balapan perdana di Qatar pada 8 april nanti.
No comments:
Post a Comment